The Heart of East Java Terendus Karangasem Bali, Bupatinya Penasaran Pantai Balekambang

MALANGTIMES - Kepak sayap The Heart of East Java Malang Kabupaten sebagai branding pariwisata Kabupaten Malang, ternyata sampai juga di Kabupaten Karangasem, Bali. Berbagai informasi kepariwisataan Kabupaten Malang terendus baik di wilayah yang juga jadi jantungnya pariwisata Indonesia ini.

Rasa penasaran yang merupakan dorongan awal wisatawan atau pihak yang berkepentingan dengan sektor kepariwisataan, datang ke lokasi wisata adalah rumusan yang harus diciptakan terlebih dahulu. Untuk mencapai hal tersebut sinergitas pemerintah dengan media tak bisa dilepaskan dalam menyebarkan informasi kepariwisataan secara massif dan berkelanjutan.

Hal ini pula yang dilakukan Pemkab Malang sejak Bupati Malang non aktif Rendra Kresna sampai saat ini dipegang pelaksanaan tugasnya oleh Wabup Malang Sanusi. Sehingga Kabupaten Karangasem, Bali pun, penasaran dan tertarik untuk mengetahui secara langsung geliat pariwisata di Kabupaten Malang.

Tidak tanggung-tanggung, dalam kunjungannya ke jantungnya pariwisata Jawa Timur (Jatim) ini, Bupati Karangasem, I Gusti Ayu Mas Sumatri, membawa rombongan yang terdiri dari Staf Ahli, Asisten 3 Sekda, Kepala Bagian Humas, Kepala DP3A, Kepala Dinsos dan Kepala Bagian Perlengkapan serta 30 awak media di lingkup Kabupaten Karangasem. 

"Tentunya kita merasa senang akhirnya bisa melihat begitu banyak potensi di sini. Terutama sektor pariwisatanya yang informasinya melalui media sampai ke Bali. Saya pribadi sangat penasaran dengan wisata pantai Balekambang yang ada di sini," kata Bupati Karangasem, Bali, I Gusti Ayu Mas Sumatri, beberapa waktu lalu.

Rasa penasaran Bupati Karangasem itu dipicu dengan beragam informasi menarik melalui media atas berbagai daya tarik wisata pantai Balekambang. Dimana dengan kemasan-kemasan pemberitaannya, telah membuat Balekambang semakin menarik di mata orang luar daerah.

"Karenanya dalam kunjungan ke Kabupaten Malang, saya juga mengajak para wartawan di lingkungan Kabupaten Karangasem. Selain untuk refreshing juga belajar bagaimana mengemas berita di Malang yang luar biasa ini," ujar  I Gusti Ayu Mas Sumatri.

Di kesempatan berbeda, Wabup Malang Sanusi, membenarkan adanya kunjungan dari Kabupaten Karangasem, Bali. Politikus PKB ini menyampaikan, bahwa kunjungan tersebut merupakan bagian dari keberhasilan 'kecil' di sektor pariwisata di Kabupaten Malang.
"Ini adalah keberhasilan di sektor pariwisata kita yang tentunya perlu terus ditingkatkan. Khususnya bagaimana seluruh potensi pariwisata kita bisa diketahui oleh pihak luar. Bukan hanya diketahui dan dinikmati oleh masyarakat Kabupaten Malang saja. Maka tentu diperlukan kerjasama yang baik dan berkelanjutan antara pemerintah denga media," ucap Sanusi.

Promosi, adalah kata kunci keberhasilan pariwisata, lanjut Sanusi. "Promosi yang tentunya tidak bisa hanya dilakukan pemerintah saja, tapi oleh kita semuanya. Manfaatkan teknologi informasi melalui berbagai platform media sosial dan kerja sama dengan media," imbuhnya.

Dalam kunjungan tamu itu, Sanusi juga memperkenalkan, sebagai bagian dalam mempromosikan potensi lain di Kabupaten Malang, kepada Bupati Karangasem. Sanusi menyampaikan, bahwa Kabupaten Malang bukan hanya sekedar memiliki wisata pantai saja. Tapi juga wisata budaya maupun wisata minat khusus, seperti Kasembon Rafting, serta wisata buatan seperti Agrowisata, Bendungan dan Taman Rekreasi. 

Sanusi juga mempromosikan potensi wisata desa yang menasional di berbagai wilayah perdesaan di Kabupaten Malang. "Jadi kita beri informasi nyata, bahwa Kabupaten Malang memang merupakan jantungnya wisata Jatim dengan branding ”The Heart of East Java”. Di sinilah pusat pariwisatanya Jatim berada," pungkasnya.

Top