MALANGTIMES - Modal nekad dengan tekad kuat mencari rezeki barangkali hanya berbatas tipis. Di tengah kerusuhan yang terjadi di beberapa lokasi di Jakarta pasca pengumuman hasil Pemilu 2019, para pedagang kaki lima masih tetap menjajakan dagangannya. 

Seperti potret yang diunggah reporter David Lipson melalui akun Twitter miliknya @davidlipson. Foto yang diunggah kontributor stasiun pemberitaan ABC Australia itu menunjukkan seorang laki-laki yang menjajakan sepatu di trotoar. Lelaki itu menawarkan dagangan pada orang-orang yang lewat. 

"Orang ini mencoba menawari saya sepasang sepatu ditengah-tengah kericuhan. 'Mister! cuma 100rb saja'," tulis David dalam postingan tersebut. Padahal, dari jepretan itu tampak massa bergerombol di belakang si pedagang kaki lima. Sebuah ambulance pun tampak melintas. 

Unggahan itu menuai berbagai tanggapan warganet. "Murah lah. Nyalinya lebih mahal dari itu," tulis akun Lidya Haliman dengan menyertakan emotikon tertawa. "Wkwkwkwk, Jakarta people power kuat men," tulis akun Salim Miftach. 

Juga ada unggahan video yang menampilkan seorang pedagang minuman dan makanan ringan mendorong gerobak jualannya di sekitar Gedung Bawaslu RI, Jakarta. Pedagang itu melenggang tak jauh dari pasukan kepolisian bersenjata lengkap yang tengah melakukan pengamanan. "Eh bang udan azan subuh ya, balik lagi ah," tulis pemilik akun Twitter @juriglagu. 

"Di mana ada keramaian, di situlah ladang uang, abang-abang penjual minuman," tulis akun @krisnaaryan menanggapi video tersebut. "Indonesia banget, di mana ada keramaian di situ ada kang jualan. Padahal kondisi sebelumnya lagi ricuh," tulis akun @rriiffkkii. 

Video lain menunjukkan hal serupa. Di tengah pengamanan kerusuhan, seorang penjual minuman keliling berlalu di antara kerumunan massa dan polisi menggunakan sepeda angin. Pria tersebut tampak santai meski suasana tengah ricuh di depan gedung Bawaslu RI.
Video itu diunggah oleh akun Dagelan melalui Instagram. 

"Real G (Real Gangster) Biar hati panas, tapi minumanku #bikinadem," tulis akun tersebut. Warganet pun lantas mengomentari unggahan itu dengan nada candaan. "Apapun ricuhnya, minum ya tetap starling (starbuck keliling)," tulis akun rezaarbian. "Yang penting cuan coy," tulis akun ababielramdani.