Pembangunan Molor, Underpass Karanglo Bisa Dibuka Fungsional untuk Mudik?

May 23, 2019 18:32
Pekerja tengah melakukan pemasangan beton di underpass Karanglo, Kabupaten Malang. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)
Pekerja tengah melakukan pemasangan beton di underpass Karanglo, Kabupaten Malang. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Pengerjaan underpass Karanglo di Singosari, Kabupaten Malang dipastikan molor dari target. Meski demikian, PT Jasamarga Pandaan Malang (JPM) memastikan terowongan bawah tanah yang merupakan bagian Tol Malang-Pandaan (Mapan) itu bakal difungsikan terbatas selama periode mudik mendatang. 

Direktur Teknik PT JPM, Siswantono mengungkapkan bahwa fungsional underpass Karanglo itu bakal dimulai sejak H-7 Idul Fitri. Dia mengakui, jika pembangunan underpass ini sedikit molor dari target yang sudah ditentukan. "Semula, pengerjaan underpass ini targetnya selesai awal Mei lalu. Jadi saat jalan tol dioperasionalkan, maka underpass pun dapat dioperasionalkan juga," ujarnya. 

Baca Juga : Tanggapan Resmi Gojek dan Grab soal Fitur Ojek Online yang Hilang dari Aplikasi

Namun ternyata target itu meleset, karena hingga akhir Mei pengerjaan underpas belum selesai. "Saat ini baru mencapai 90 persen. Proses pembangunan sekarang masih tahap pemasangan beton prices untuk dinding underpass," sebutnya. 

Nantinya, baru satu lajur yang akan difungsikan karena proses pemasangan beton dilakukan bergantian antara lajur timur dan lajur barat. "Fungsionalnya nanti terbatas di lajur barat terlebih dahulu. Karena lajur timur masih dilakukan pemasangan beton prices," ujarnya. Setelah pengerjaan pemasangan berton selesai, maka ganti lajur barat yang akan dipasangi beton. 

"Masih belum dua arah atau dua lajur, karena memang masih dibangun. Kalau dua lajur semuanya difungsikan, kami kawatir, pengerjaan underpass semakin molor dan tidak sesuai dengan target," urainya. Dia menambahkan, dibukanya underpass ini dilakukan untuk melayani masyarakat yang melakukan aktivitas mudik maupun balik.

Pihaknya menilai, fungsional underpass Karanglo akan membantu mengurai kemacetan lalu lintas. "Karena saat mudik nanti volume kendaraan meningkat, begitu juga saat balik. Untuk itu, sementara waktu underpass difungsionalkan. Tujuannya, untuk mengantisipasi terjadi kemacetan," tuturnya. 

Baca Juga : PSBB Jakarta, 5 Perjalanan KA Jarak Jauh Daop 8 Surabaya Dibatalkan

Siswantono mengatakan, sebetulnya satu lajur underpass Karanglo sudah difungsikan sejak beberapa minggu lalu. "Penutup jalan dari arah Malang-Surabaya sudah dibuka, boleh kendaraan melintas. Tapi ya itu, belum banyak yang memanfaatkan," sebutnya. Dia juga mengatakan, untuk fungsional underpass ini, pihaknya juga terus melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian.

Topik
MalangBerita MalangPengerjaan underpass Karanglomolor dari targetPT Jasamarga Pandaan Malang (JPM)Direktur Teknik PT JPMSiswantonofungsional underpass Karanglodimulai sejak H 7 Idul Fitri

Berita Lainnya

Berita

Terbaru