Cek kondisi kendaraan mobil sebelum pergi mudik menggunakan kendaraan pribadi. (Foto: istimewa)
Cek kondisi kendaraan mobil sebelum pergi mudik menggunakan kendaraan pribadi. (Foto: istimewa)

MALANGTIMES - Dua belas hari lagi, hari kemenangan umat muslim atau Hari Raya Idul Fitri tiba. Sebelum Lebaran, tradisi  masyarakat Indonesia yang tidak bisa ditinggalkan adalah mudik. 

Momen libur panjang dimanfaatkan untuk kembali ke kampung halaman serta bertemu dengan keluarga dan semua sanak saudara. Namun sebelum pergi mudik, tentunya harus mempersiapkan segala keperluan agar nanti tidak ada tanggungan lagi pada momen Lebaran. 

Berikut beberapa hal yang harus perhatikan sebelum berangkat mudik.

1. Bayar Tagihan
 


Agar tidak lagi diributkan dengan mengurus pembayaran-pembayaran saat libur Lebaran di kampung halaman, selesaikan semua tagihan yang harus dibayar. Mulai dari membayar tagihan listrik rumah, layanan internet, atau kartu kredit.

Untuk kewajiban membayar zakat, selesaikan  pembayaran sesuai aturan yang berlaku. Dengan demikian, saat libur Lebaran di kampung halaman, tidak ada beban memikirkan pembayaran tagihan.

2. Selesaikan Pekerjaan
 


Sebelum ditinggal mudik, pastikan semua pekerjaan rumah bisa selesai agar bisa menikmati waktu berkualitas bersama keluarga di kampung halaman. Jadi, bisa tenang tanpa ada pikiran tentang pekerjaan yang belum selesai. Jangan menunda pekerjaan yang harus kamu selesaikan atau semua tugas tersebut akan menumpuk nantinya.

3. Bersih-Bersih Rumah
 


Meskipun bisa dilakukan setelah pulang mudik, untuk masalah kebersihan, lebih baik dibersihkan dan rapikan rumah sebelum pergi berangkat mudik. Jika semua sudah bersih, saat pulang mudik nanti, tidak lagi dibebankan dengan bersih-bersih rumah. Sehingga bisa nikmati waktu pulang mudik untuk beristirahat sebelum kembali masuk kerja.

4. Pesan Tiket
 


Yang paling penting, pastikan sudah mendapatkan tiket untuk pergi mudik. Sebab, jumlah pemudik akan melonjak tinggi dan tiket akan cepat habis. Jadi, ada baiknya memesan tiket dari jauh hari sebelum berangkat mudik. 

5. Cek Kendaraan
 


Jika berniat mudik dengan sepeda motor atau mobil pribadi, pastikan dalam keadaan bagus. Servis sepeda motor dan mobil ke bengkel untuk memastikan siap digunakan mudik.

6. Beli Oleh-Oleh
 


Jika memang sempat, tidak ada salahnya untuk membeli oleh-oleh. Anda bisa membawakan makanan khas daerah. Yang terpenting tidak membebani dan tidak sulit dibawa.