MALANGTIMES - Jangan bayangkan Masjid Pionto serupa masjid-masjid kebanyakan di Pulau Jawa. Dengan luas 7x7 meter dengan bahan kayu yang lapuk dan terlihat kumuh serta atap masjid yang setiap kali hujan membuat air masuk, telah membuat masyarakat Pionto, Gorontalo, yang kebanyakan petani kerap mengelus dada.

Hasrat membangun satu-satunya masjid yang biasa menampung 500 warga dengan lokasi sekitar 4 kilometer dari permukitin ini terkendala anggaran pembangunan. Sehingga warga Pionto hanya bisa memimpikan memiliki masjid yang lapang dan nyaman untuk beribadah.

Kondisi masjid Pionto tersebut telah terjadi selama hampir 20 tahun. Dengan segala keterbatasan warga, masjid satu-satunya di desa mereka itu tetap dipergunakan untuk beribadah. Warga rela salat di luar masjid dengan kondisi ala kadarnya. Hampir 100 warga rela beribadah hanya beralaskan karpet. Apabila musim hujan, kondisi tanah becek dan tergenang air pun tak surut bagi warga untuk menunaikan salat berjamaah di luar masjid.

Kondisi itulah yang menggerakkan warganet berduyun-duyun menyisihkan sebagian rizkinya. Melalui kitabisa.com warganet berdonasi dalam program Masjidku Kokoh dari Masjid Nusantara. 

Dari laman tersebut, donasi warganet telah mencapai Rp 851.212.738 dari 13.715 donatur, sejak tanggal 21 Mei 2019.

Admin Masjid Nusantara melalui kitabisa.com menyampaikan, bahwa dana yang terkumpul tersebut telah dibelikan material dan pekerjaan persiapan. "Sedangkan untuk pembangunan akan dilakukan setelah hari raya Idul Fitri," tulisnya.

Admin Masjid Nusantara juga masih membuka donasi untuk pembangunan Masjid Pionto yang hanya bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua oleh warga setempat, sampai 14 hari kedepan.

Selain juga menampilkan desain Masjid Pionto, admin Masjid Nusantara yang beralamat di Jalan Maskumambang 39 Bandung juga menyertakan cara donasi untuk mewujudkan mimpi ratusan petani Desa Pionto memiliki masjid yang lapang dan nyaman untuk beribadah.

Yakni, klik Donasi Sekarang, masukan nominal yang akan didonasikan dan pilih bank. Bukti donasi akan dikirim via email oleh pihak Masjid Nusantara.