MALANGTIMES - Lebaran sudah di depan mata, tapi belum sempat beli baju lebaran? Nggak usah panik, masih ada waktu beberapa hari ke depan buat kalian belanja baju lebaran. 

Tapi pastikan kalian belanja sesuai kebutuhan ya gengs. Jangan sampai lapar mata. Karena menjelang lebaran, pasti ada banyak diskon yang membuat kita kalap pingin ini dan itu.

Untuk menghindari agar nggak kalap mata, tentu kita harus pintar-pintar dong ya saat belanja. Nah, berikut ini sederet tips cerdas memilih baju lebaran agar nggak sampai lapar mata.

1. Pastikan Baju Pilihan Sesuai Kebutuhan

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah membeli baju sesuai dengan kebutuhan. Buat yang selama ini sibuk kerja dan bingung harus mencari baju lebaran yang seperti apa, ada baiknya jika kalian melakukan riset kecil terlebih dulu sebelum belanja ya gengs. Paling tidak tanya kepada orang terdekat dan teman yang ada di sekitar kalian terkait baju lebaran yang pas dan sesuai kebutuhan.

2. Jangan Lapar Mata karena Diskon

Poin ke dua ini lumayan berbahaya ya gengs, terutama bagi kaum hawa. Karena ketika ada tulisan besar diskon, yang ada di kepala pasti adalah keinginan untuk membeli itu. Padahal, kebanyakan saat ada di rumah dan melihat belanjaan, barang-barang dan baju yang kita beli sama sekali tidak kita butuhkan.

Ada baiknya, saat akan pergi belanja kalian menentukan terlebih dulu saat ada di rumah. Kalian siapkan berapa budget pasti untuk beli baju. Setelah itu, kalian harus komitmen untuk tidak membeli yang lain. 

Ada baiknya, jika kalian menggunakan uang cash yang sesuai komitmen di awal untuk belanja, dan meninggalkan kartu kredit di rumah. Karena jika tidak, pasti kalian akan tetap kalap dengan sederet penawaran diskon yang diberikan. Jadi, jangan sampai kalap mata dan tetap perhatikan budget ya geng.

3. Pilih Baju Sesuai Gaya, Jangan Terbujuk Trend

Masalah berikutnya bagi kaum hawa saat berbelanja adalah trend yang tengah hits di saat itu. Padahal, tak jarang beberapa di antara kita ini sangat tidak cocok dengan model baju yang tengah trend. Untuk itu, ada baiknya kalian memilih baju lebaran yang benar-benar sesuai style kalian.

Karena keamanan dan kenyamanan jauh lebih penting ketimbang model baju belaka. Jadi, lebih baik kalian memilih mode baju secara bijak yang itu memang pas di tubuh kalian. Agar saat lebaran dan bertemu dengan keluarga dan teman nantinya kalian tetap nyaman.

Buat apa baju trend kekinian tapi buat kalian nggak percaya diri? Pasti bikin bete kan nantinya. Jadi, cobalah tetap jadi diri sendiri dengan style yang nyaman untukmu.

4. Jangan Terjebak Baju Sekali Pakai

Poin ke empat ini juga patut menjadi perhatian penting ya gengs. Karena saat akan membeli baju, terutama mendekati masa lebaran seperti sekarang kita harus lebih bijak menentukan pilihan. Salah satunya adalah memilih baju dengan mode dan pernak pernik yang hanya bisa dikenakan saat lebaran saja. 

Daripada hanya membuat tumpukan baru di almari, ada baiknya jika kalian memilih baju lebaran yang kemudian masih bisa dikenakan di hari-hari biasa.

Misalnya dengan mode simpel yang bisa kalian kenakan di kemudian hari saat akan ke acara semi formal misalnya. Atau mungkin memilih baju yang nantinya bisa dipadupadankan dengan koleksi kalian yang ada di almari untuk hangout bersama keluarga dan teman saat usai lebaran nanti.

5. Jangan Lupa Cek Toko Sebelah

Satu lagi yang bisa jadi perhatian saat hendak memilih baju lebaran adalah jangan terburu-buru memilih dan membeli. Meski dalam kondisi sangat terburu-buru, ada baiknya kalian bandingkan harga minimal dengan toko sebelah ya gengs.

Selain itu, bijaklah memilih baju sesuai budget yang telah ditentukan sedari awal. Jangan hanya merasa suka dengan satu pilihan, lalu kalian langsung membelinya. Coba cek dulu beberapa sudut toko untuk kemudian menentukan pilihan untuk membeli baju yang kalian pilih atau tidak.

Nah, itu dia sedikit tips dari MalangTIMES buat kalian yang masih bingung harus membeli baju lebaran seperti apa. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya gengs.