Tangkapan slide perolehan suara nasional untuk Pilpres 2019 (Ist)

Tangkapan slide perolehan suara nasional untuk Pilpres 2019 (Ist)



MALANGTIMES - Hasil Pilpres 2019 yang cukup menyita waktu masyarakat serta begitu gaduhnya perdebatan kedua belah kubu, akhirnya memasuki babak pembacaan rekapitulasi suara nasional. 

Dimana KPU menyelesaikan rekapitulasi nasional hasil Pilpres 2019, pasangan Jokowi-Ma'ruf ditetapkan menjadi pemenang Pilpres 2019, dengan prosentase 55,50 persen. Sedangkan rivalnya Prabowo-Sandiaga hanya 44,50 persen dari total suara sah nasional.

Pengumuman penetapan rekapitulasi suara nasional Pilpres dilakukan, Selasa (21/05/2019) dini hari di gedung KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat. Serta dihadiri oleh seluruh komisioner KPU, ketua dan semua anggota Bawaslu dan saksi dari TKN dan BPN.

Pemilihan waktu penetapan suara nasional yang direncanakan tanggal 22 Mei 2019 bergeser sehari dan dilakukan di dini hari, ternyata semakin membuat kubu Prabowo-Sandiaga semakin meradang. Ketidakpercayaan atas seluruh lembaga pemilu serta pemerintah semakin menguat, baik di dunia nyata maupun dunia maya (dumay).

Gempuran di dumay dengan tagar #RakyatTolakHasilPilpres menjadi salah satu katup ketidakpercayaan mereka atas rekapitulasi dan penetapan suara nasional untuk Pilpres 2019. Menjadi trending topik twitter dengan 17,3 ribu cuitan sampai saat ini.

Sebagian besar warganet berkicau atas ketidakpercayaan mereka kepada KPU yang menetapkan Jokowi-Ma'ruf memenangkan pertempuran memperebutkan kursi presiden dan wakil presiden.

@n0esche, "KPU Langsung Tetapkan Hasil Rekapitulasi Nasional Pemilu Dini Hari Ini  Sejak Awal Sdh Terlihat KetidakAdilan DiPertontonkan Pihak Penyelenggara Pemilu. Kejujuran dan Keadilan Yg Dipaksa Dibelenggu Untuk Kesenengan Sekelompok Orang #RakyatTolakHasilPilpres," tulisnya, Selasa (21/05/2019).

@AhmadKemalAr juga menuliskan, "Awalnya tgl 22, trus ditunda 25, trus mau tgl 28, eh jadinya malah tgl 21, tengah malam lagi, kebiasaan #RakyatTolakHasilPilpres," ujarnya. 

Berbagai penolakan yang sejak awal memang sudah disuarakan oleh berbagai tokoh BPN dan bahkan Prabowo sendiri yang menjadi acuan warganet. @OppositeLinks pun menuliskan,"BPN02 TOLAK hasil #Pilpres2019  Menyatakan Menolak Hasil Pilpres yg tlh diumumkan, Penolakan ini sbg monumen moral bhw kami tdk pernah menyerah u/ melawan ketidakadilan, kecurangan, kesewenang2an, kebohongan& u/ melawan apa saja yg menciderai demokrasi," ujarnya.

End of content

No more pages to load