Genjot Pendapatan, RPH Kota Malang Maksimalkan Ternak Sapi Hingga Kambing

Jun 02, 2019 18:00
Plt Direktur Utama PD RPH Kota Malang, Ade Herawato (Pipit Anggraeni/ MalangTIMES).
Plt Direktur Utama PD RPH Kota Malang, Ade Herawato (Pipit Anggraeni/ MalangTIMES).

MALANGTIMES - Genjot pendapatan, Rumah Potong Hewan (RPH) Kota Malang maksimalkan ternak sapi hingga kambing. Upaya ini disebut menjadi salah satu gebrakan untuk menciptakan kemandirian di dalam tubuh perusahaan daerah milik Pemkot Malang itu.

Baca Juga : Pertama Kalinya di Malang Ada Studio Apartemen Luas Harga Termurah Hanya di Kalindra

Plt Direktur Utama PD RPH Kota Malang, Ade Herawato menjelaskan, selama ini PD RPH sudah memiliki kandang yang cukup luas untuk menampung sapi, kambing, dan hewan ternak lainnya. Namun selama ini masih belum dimaksimalkan, karena kandang sering disewakan kepada pengusaha jagal yang akan memanfaatkan jasa jagal di PD RPH.

"Kami punya kandang yang cukup luas, tapi itu masih sering disewakan, nanti harus dipakai sendiri untuk ternak," katanya pada wartawan belum lama ini.

Dia menjelaskan, kandang yang dimiliki tersebut secara keseluruhan kurang lebih mampu menampung hingga 100 lebih sapi dan kambing. Ketika dimaksimalkan untuk beternak, maka dia optimis kebutuhan daging akan dapat dipenuhi Pemkot Malang secara mandiri tanpa harus mengambil pasokan sapi dari daerah lain.

Sehingga, pendapatan asli daerah (PAD) Kota Malang dari PD RPH akan mengalami peningkatan cukup signifikan. Sebab jika hanya mengandalkan jasa jagal dan sembelih saja, menurutnya hal itu masih belum mampu mendongkrak lebih banyak lagi pendapatan.

"Mindset RPH hanya sebagai tempat memotong hewan ini harus diubah. Karena harus menjadi aneka usaha berkaitan dengan daging," jelasnya.

Selain ternak sapi hingga kambing secara mandiri, menurutnya ada banyak inovasi lain yang dilakukan. Diantaranya adalah menjual daging dari setiap ternak tersebut dengan kemasan yang menarik. Sehingga bisa dipasarkan di swalayan hingga pasar tradisional.

Baca Juga : Tips Aman Ambil Uang di Mesin ATM Saat Pandemi Covid-19

Di samping saat ini PD RPH juga sudah memiliki minimarket khusus untuk menjual daging kemasan. Selama lebaran ini saja, perusahaan daerah tersebut menyiapkan 20 sapi yang seluruhnya merupakan ternak milik PD RPH. Di samping memang ada sapi dari luar yang disembelih di PD RPH.

"Tapi yang murni ternak PD RPH itu sebanyak 20 ekor sapi tadi," jelas pria berkacamata itu.

Lebih jauh pria yang akrab disapa Sam Ade itu juga menjelaskan, pengembangan lain yang dilakukan pasca lebaran 2019 adalah menyasar dunia kuliner. Satu diantaranya membuat produk olahan seperti sosis dan bakso untuk dipasarkan di beberapa swalayan dan pusat oleh - oleh.

"Kami juga akan buka cafe dan rumah makan yang menyediakan steak, dan dagingnya dari PD RPH. Kami sudah memiliki sertifikat halal, dan harapannya bisa mendukung Kota Malang sebagai kota halal," pungkas Sam Ade. 

 

Topik
RPH Kota MalangAde HerawatoMaksimalkan Ternak Sapi dan kambingGenjot Pendapatan
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru