Foto: Rully/Mlanagtimes
Foto: Rully/Mlanagtimes

MALANGTIMES - Kepala Kemenag Kabupaten Malang, Asadul Anam, mengatakan bahwa banyak faktor yang bisa menjadi problem dalam hubungan keluarga. Namun permasalahan utama yang harus segera ditangani adalah maraknya pernikahan dini. 

Baca Juga : Draft Sudah Final, Besok Pemkot Malang Ajukan PSBB

Karena itu, Secara tegas Asadul Anam mengajak kepada seluruh Mudin se Kabupaten Malang, untuk bersama-sama meminimalisir terjadinya pernikahan dini.

"Kami berharap kepada seluruh mudin dapat mencegah pernikahan dini," jelasnya kepada ratusan mudin yang hadir di Pendapa Kabupaten Malang, di Kepanjen, pada Kamis (10/9/2015).

Lebih jauh, Asadul mengatakan, bahwa penyebab utama pernikahan dini ada empat faktor. Diantaranya, faktor ekonomi, penyalahgunaan narkoba, miras dan sex bebas. "Itu yang saat ini menadi faktor," katanya.

Baca Juga : Hari ke 2 Proses Pencarian Pendaki Hilang karena Kesurupan, Puluhan Personel Dikerahkan

Menurutnya, seluruh faktor penyebab terjadinya pernikahan dini, bisa dicegah dengan efektif jika Kemenag, Pemkab Malang dan tokoh agama bekerjasama secara intensif melakukan penyuluhan dan pengawasan secara sistematis.

Asadul juga mengimbau supaya masyarakat dapat memanfaatkan semaksimal mungkin untuk mengajak anaknya terlibat aktif dalam kegiatan keagamaan agar dapat terhindar dari pengaruh penyalahgunaan narkoba, miras dan sex bebas. "Kemenag siap membantu memberikan penyuluhan pencegahan pernikahan usia dini," katanya. (*)