Istri Sekda Kota Malang Endang Purnawi Wasto saat memandikan salah satu pasien ODGJ (Foto: Istimewa)

Istri Sekda Kota Malang Endang Purnawi Wasto saat memandikan salah satu pasien ODGJ (Foto: Istimewa)



MALANGTIMES - Berbagi kasih di bulan Ramadan bisa dilakukan dengan berbagai cara. Belum lama ini, istri Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Malang Endang Purnawi Wasto mengunjungi Gedung Tuna Wisma Karya (TWK) di Kecamatan Sukun, Kota Malang.

Kunjungannya kali ini cukup menarik, lantaran ia menyempatkan diri untuk memandikan salah satu Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang baru saja kena tindakan oleh Dinas Sosial (Dinsos) Kota Malang.

"Saat itu kan saya datang kesana karena bakti sosial (baksos), nah kebetulan baru ada yang dijaring okeh Dinsos. Kemudian saya langsung minta untuk digunduli dan langsung dimandikan," ungkap Endang.

Perempuan yang juga Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Malang itu menjelaskan jika selama ini TWK Sukun masih belum tersentuh oleh siapapun. Hal itulah yang membuatnya tertarik untuk berkunjung sekaligus memperkenalkan TWK kepada organisasi-organisasi sosial lainnya supaya turut andil memberikan bantuan ke TWK Sukun.

"Kalau anak yatim yang tertarik membantu kan sudah banyak, tapi untuk panti jompo dan wilayah ODGJ ini masih kurang menarik perhatian orang dalam memberi bantuan. Saya ingin membuat orang tertarik kesana, apalagi selama ini, belum pernah ada organisasi atau pejabat yang hadir. Jadi ingin merangkul semuanya untuk aktif memberikan bantuan," imbuh dia.

Apalagi, TWK ini salah satu yang membutuhkan perhatian lebih. Mengingat fasilitas yang dimiliki juga masih dinilai kurang mumpuni. Terutama untuk masalah kebersihan dan kesehatan.

"Yang saya salut termasuk petugas yang harus membersihkan kotoran, memberi makan, dan mereka nggak jijik. Padahal biasanya tempat seperti ini terkadang juga pesing baunya nggak enak. Hanya saja kebutuhan untuk pasiennya masih kurang, pampers untuk mereka saja terbatas. Itu mungkin karena belum ada anggaran khususnya ya," ungkap wanita yang juga Ketua Dharma Wanita Persatuan ini.

Ia berharap dengan kedatangannya, akan mampu menggaet lebih banyak masyarakat yang melirik dan mau memberikan bantuan. Apalagi dalam memberikan bantuan kepada yang membutuhkan itu harus tepat sasaran.

"Kami ingin setelah ini paling tidak masyarakat di sekitar situ saja ada yang peduli, karena kan ada juga masyarakat yang belum tahu. Mereka juga bisa memberikan bantuan tepat sasaran," tandasnya.

End of content

No more pages to load