MALANGTIMES - Kabar gembira menyeruak pada bulan Ramadan ini di Kabupaten Malang, khususnya bagi para guru tidak tetap dan pegawai tidak tetap (GTT/PTT) di Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Malang. Pasalnya, menjelang Lebaran yang tinggal hitungan pekan ke depan, para GTT/PTT pun akan menerima insentif dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang. 

 Tidak tanggung-tanggung insentif yang akan diterima pun meningkat besarannya sekitar 50 persen daripada tahun lalu. Yakni dari Rp 600 ribu menjadi Rp 1,2 juta per orang per tahun. Artinya naik sebesar 50 persen dibandingkan tahun lalu.

Hal ini secara langsung disampaikan oleh Kepala Disdik Kabupaten Malang M. Hidayat atau akrab disapa Dayat dalam sebuah acara buka bersama bersama para punggawa pendidikan di Kabupaten Malang. “Dinas Pendidikan telah mengajukan tambahan insentif untuk para GTT/PTT  tahun ini untuk meningkatkan kesejahteraannya. Ajuan ini alhamdulillah  disetujui DPRD. Dari insentif Rp 600 ribu menjadi Rp 1,2 juta per orang," kata Dayat, Senin (20/05/2019).

Kabar menggembirakan tersebut semakin lengkap dengan akan dicairkannya insentif bagi GTT/PTT Disdik Kabupaten Malang sebelum hari Lebaran tiba. "Insya Allah pencairan akan segera kami realisasikan sebelum Hari Raya Idul Fitri. Semua administrasi juga sudah selesai," ujar Dayat yang menyebutkan untuk surat keputusan bupati sudah diterbitkan dan perintah pencairannya sudah ditandatangani oleh dirinya.

Adanya penambahan insentif itu telah membuat Pemkab Malang merogoh anggaran total sebesar Rp 7,5 miliar pada tahun 2019. Nantinya anggaran tersebut akan diterima oleh ribuan GTT/PTT. Tepatnya sekitar 6.295 orang yang akan menerima insentif tersebut.

Kado 'sayang' Pemkab Malang terhadap para GTT/PTT, walaupun menurut Dayat masih belum maksimal dikarenakan kemampuan anggaran daerah, tentunya akan terus diupayakan kenaikannya setiap tahun. Sampai harapan terbesar dari Pemkab Malang adalah memberikan insentif GTT/PTT sebesar gaji upah minimum kabupaten/kota (UMK).

Terkait hal itu, harapan besar lainnya pun dari Disdik Kabupaten Malang terhadap para GTT/PTT adalah semakin meningkatkan kinerjanya dalam melaksanakan tugas. Walau telah relatif banyak menyumbang peran dalam dunia pendidikan selama ini, GTT/PTT diharapkan mampu lebih mengoptimalkan perannya.

"Ini harapan besar kita semua terhadap GTT/PTT. Sehingga dunia pendidikan Kabupaten Malang akan semakin baik ke depannya. Kita komitmen untuk mengawal kesejahteraannya. Pak Wabup Malang juga telah sampaikan akan terus mengawal ini sampai GTT bisa mendapat insentif sebesar UMK," ucap Dayat.

Disinggung terkait proses pencairan insentif, Dayat menegaskan, proses pembayarannya akan secara langsung melalui rekening para GTT/PTT sendiri. "Lewat rrekening. Tiap guru penerima harus menyiapkannya. Dari informasi yang ada, rekening GTT/PTT sudah disiapkan oleh mereka," pungkasnya.