MALANGTIMES - Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) di Balai Kota Malang pagi ini (Senin, 20/5) menjadi momen yang berbeda. Bertepatan dengan bulan Ramadan, Wali Kota Malang Sutiaji mengingatkan masyarakat untuk memaknai momen ini sebagai aksi persatuan dengan saling gotong-royong.

Terlebih, pasca-pelaksanaan pesta demokrasi beberapa waktu lalu yang melibatkan semua kalangan. Apalagi, terkait proses menuju pengumuman hasil Pemilu 2019 nanti, diharapkan semua elemen masyarakat untuk bersama-sama menunggu dengan tertib hasil penghitungan resmi.

"Pemilu 2019 mulai dari pemilihan lresiden dan wakil presiden, kemudian legislatif telah dilaksanakan dengan lancar. Mari bersama-sama menunggu secara tertib penghitungan suara resmi yang akan diumumkam oleh lembaga yang ditunjuk oleh undang-undang," papar Sutiaji saat membacakan sambutan Menteri Kominfo Rudiantara dalam pelaksanaan upacara Hari Kebangkitan Nasional di Balai Kota Malang.

Pria berkacamata ini juga menyampaikan, filosofi persatuan yang diemban dengan saling menyuarakan semangat gotong-royong antarsesama. Sebab, hal itulah yang menjadikan kuci persatuan dalam peringatan Hari Kebangkitan Nasional.

"Gotong-royong tidaklah mungkin kalau tidak bersatu. Dan bersatu tidak mungkin ketika kita masih arogan dengan adanya kepentingan masing-masing yang tidak mampu menahan diri. Itulah sebenarnya kuci dari peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini," imbuh dia.

Terlebih dengan munculnya isu-isu hoax di masyarakat yang menimbulkan kerawanan perpecahbelahan antara satu dengan yang lainnya. Karena itu, ia berharap di era revolusi industri 4.0, orang-orang semakin pragmatis dan menguatkan gotong-royong.

"Secara signifikan, isu-isu hoax ini lagi berkembang. Terlebih saat ini kalau berbicara gotong-royong revolusi industri 4.0, orang-orang semakin pragmatis dan suara gotong-royong harus ditingkatkan terus-menerus," pungkas dia.

Dalam peringatan Hari Kebangkitan Nasional kali ini, juga diserahkan beberapa penghargaan dari Kakang Mbakyu Cilik di acara pemilihan Raka Raki Cilik Jawa Timur 2019. Yakni pemenang Raka Cilik Jawa Timur 2019 oleh wakil Kota Malang: Gerald Ramadhan Yusuf.