ilustrasi SPBU
ilustrasi SPBU

MALANGTIMES - Selain mengantisipasi lonjakan permintaan bahan bakar minyak (BBM) di jalur mudik dan mudik balik, PT Pertamina MOR V Jatim juga menjaga keamanan pasokan di jalur-jalur wisata. Untuk wilayah Malang Raya, Terminal BBM Malang bakal menyiagakan mobil tangki storage di titik-titik strategis jujukan wisatawan. 

Pjs Operation Head Terminal BBM Malang Rahmatullah Adi Cahya Nugraha mengungkapkan, pihaknya memberikan perhatian lebih untuk jalur-jalur wisata. "Kami antisipasi di jalur-jalur wisata karena Malang Raya, terutama Kota Batu. Tentunya sudah kami petakan SPBU. Untuk SPBU kantong, kami  sediakan mobil tangki untuk stand by," ujarnya.

Baca Juga : Pro Kontra Mudik saat Pandemi Covid 19, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Angkat Bicara

Mobil tangki tersebut, lanjutnya, bersiaga dalam kondisi penuh di lokasi SPBU. "Jadi ketika kosong, langsung kita bongkar. Tidak perlu menunggu pengiriman dari terminal BBM," ujarnya. Termasuk juga menyiapkan beberapa fasilitas alternatif tempat pengisian BBM agar masyarakat dapat mengakses BBM selama berwisata.

Selain itu, pihaknya juga telah melakukan rapat koordinasi dalam mengantisipasi kemacetan. "Kami koordinasikan dengan kepolisian. Ketika ada kemacetan parah, kita akan melakukan pengawalan mobil tanki untuk beriring-iringan dengan kawalan polisi, sehingga bisa menembus kemacetan menuju SPBU," tuturnya.

"Untuk potensi bencana alam, kami update terus dengan instansi terkait untuk mencari rute alternatif pengiriman tujuan. Jadi misal ada longsor, langsung dicari alternatif jalan lain," tambahnya. Termasuk bekerja sama dengan PT KAI untuk suplay dan penyaluran BBM jika perjalanan jalur darat melalui jalan raya mengalami kendala. 

Sejak awal Ramadan 1440 H, pihak Pertamina juga mengimbau masing-masing SPBU untuk mengamankan stok. "SPBU kami suplay terus setiap hari, jangan sampai ada kekosongan BBM," terangnya. Saat ini, stok di Terminal BBM Malang ada sekitar 7.000 KL. Sementara kebutuhan harian di wilayah tersebut mencapai 2.100 KL. 

Baca Juga : Efek Jera, Ortu 207 Remaja Balap Liar Dipanggil Polisi, Guru Juga Ditembusi

"Estimasi jadi ketahanan stok 3-4 hari jika tidak ada kendala," pungkasnya. Untuk diketahui, selain melayani wilayah Malang Raya, Terminal BBM Malang juga memasok BBM untuk kawasan Blitar, Tulungagung dan Lumajang.