Salah satu pasien saat menggunakan  jersey sepak bola untuk melakukan operasi. (Foto: istimewa)
Salah satu pasien saat menggunakan jersey sepak bola untuk melakukan operasi. (Foto: istimewa)

MALANGTIMES - Baju berwarna hijau biasanya menjadi pakaian khusus kebanyakan rumah sakit sebagai baju operasi. Tetapi hal itu  berbeda dengan Rumah Sakit San Rafael di Madrid, Spanyol.

Rumah sakit ini menggunakan jersey sepak bola bekas  sebagai baju operasi untuk anak. Rupanya  menggunakan jersey bola akan membuat anak merasa aman dan nyaman saat menjalani operasi.

Pihak rumah sakit bekerja sama dengan sebuah perusahaan untuk mendaur ulang jersey yang tidak terpakai dan dijahit ulang layaknya bentuk baju operasi. Selain ikut membantu melestarikan lingkungan, hal ini dilakukan rumah sakit agar pasien anak-anak dapat merasa aman dan nyaman saat dioperasi.

Hal ini juga upaya kampanye terkait jersey baju operasi untuk mengajak rumah sakit lain melakukan hal yang sama. Kampanye tersebut mengusung konsep Las Batas Mas Fuertas, yang artinya Baju Operasi Paling Keren.

Menurut mereka, ide menjadikan jersey bola sebagai baju operasi dapat membuat pasien anak lebih cepat sembuh. "Kondisi pikiran dapat memengaruhi perkembangan anak, yang berdampak pada seberapa lama mereka akan dirawat di rumah sakit," kata salah seorang perawat.

"Pakaian punya efek khusus pada tiap individu. Salah satunya jersey bola ini yang bisa mengurangi stres sehingga bisa membuat mereka meninggalkan rumah sakit lebih cepat. Ini karena jersey bola tersebut bisa meningkatkan mood dan pertahanan diri serta membantu tubuh sembuh lebih cepat," lanjutnya.

Tim dari kampanye Las Batas Mas Fuertas itu pun kini tengah mencari lebih banyak rumah sakit di Spanyol untuk melakukan hal yang serupa.