Petugas saat memeriksa mobil salah satu pengendara di Jl Trunojoyo, Minggu (19/5/2019) dini hari.
Petugas saat memeriksa mobil salah satu pengendara di Jl Trunojoyo, Minggu (19/5/2019) dini hari.

MALANGTIMES - Operasi Cipta Kondisi digelar Polres Batu, Minggu (19/5/2019) dini hari. Operasi itu bertujua mengantisipasi tindak kejahatan pencurian dengan pemberatan (curat), pencurian dengan kekerasan (curas), pencurian kendaraan bermotor (curanmor), peredaran narkoba. 

Baca Juga : Hari ke 2 Proses Pencarian Pendaki Hilang karena Kesurupan, Puluhan Personel Dikerahkan

Beberapa titik rawan kejahatan di wilayah hukum Polres Batu itu jadi tempat  razia. Antara lain di Jalan Trunojoyo, Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu. 

Di sana polisi melakukan pemeriksaan, mulai dari dokumen dan kelengkapan berkendara seperti surat-surat serta barang-barang yang ada dalam kendaraan. Tak pandang bulu, roda dua maupun empat pun jadi sasaran razia polisi.

“Yang kami sasar di tempat-tempat keramaian serta lokasi-lokasi yang rawan kejahatan. Dan sengaja lokasinya dilakukan secara acak supaya tidak terbaca masyarakat,” ungkap Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Polres Batu Kompol Endro Sujiat.

Ia menambahkan, kegiatan ini sebagai upaya mengantisipasi munculnya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). Juga sebagai wujud kehadiran Polri dalam memberikan rasa aman dan nyaman serta menjaga kondusivitas masyarakat. 

Baca Juga : HMI Kisip Brawijaya Salurkan Bantuan APD dan Handsanitizer ke RS Saiful Anwar

“Ya untuk menghindari adanya tindak kejahatan yang sering terjadi ceperti curat, curat dan curanmor di bulan Suci Ramadan,” imbuhnya.

Karena itu, personel gabungan ditenjunkan. Totalnya ada 51 anggota, mulai reskrim, sabhara, lantas, intel beserta polsek jajaran.