Tiga Jembatan Bambu Akses Penghubung Antar Desa di Kota Batu Siap Dibangun Jadi Tipe 2

MALANGTIMES - Untuk memudahkan akses penghubung antar desa di Kota Batu yang masih menggunakan jembatan bambu, Pemkot Batu bakal mengubahnya menjadi jembatan. 

Rencananya tahun 2019 ini ada tiga jembatan bambu yang bakal dibangun.

Tiga jembatan tersebut terletak di Desa Sumberejo Kecamatan Batu sebanyak dua jembatan dan Kelurahan Sisir Kecamatan Batusatu jembatan. 

Selama ini titik penghubung antar desa itu masih menggunakan jembatan bambu.

"Melihat kondisi saat ini penghubung desa masih jembatan bambu, sehingga tahun ini kami akan selesaikan pembangunan jembatan naik kelas menjadi tipe 2," ujar Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Batu, Alfi Nurhidayat.

Pembanguan tipe 2 merupakan jembatan yang mampu diakses oleh kendaraan roda empat dan roda dua. 

Sehingga mempermudah masyarakat di desa/kelurahan tersebut menjalankan perekonomiannya.

"Jembatan bambu ini juga cukup mengkhawatirkan jika dilalui roda dua. Jadi, dibangun jembatan tipe 2 supaya lebih aman saat dilintasi warga," imbuhnya.

Rencananya jembatan itu akan dibangun dengan lebar  5 meter dan panjang 108 meter.

Setiap jembatan membutuhkan anggaran kurang lebih Rp 850 juta.

"Untuk semua jembatan ini kurang lebih anggarannya sama. Dua pembangunan jembatan di Sumberejo masing-masing membutuhkan anggaran Rp 850 juta dan Rp 750 juta lewat proses lelang. Untuk Kelurahan Sisir melalui penunjukan langsung karena termasuk pembangunan jembatan kecil," tutup pria yang juga dosen ini.

Top