Nyewa PS, Remaja Ini Malah Berurusan dengan Polisi

May 17, 2019 18:22
Ahmad Yusuf, tersangka penipuan dan penggelapan beserta barang bukti saat diamankan jajaran kepolisian. (Foto : Humas Polres Malang for MalangTIMES)
Ahmad Yusuf, tersangka penipuan dan penggelapan beserta barang bukti saat diamankan jajaran kepolisian. (Foto : Humas Polres Malang for MalangTIMES)

MALANGTIMES - Ahmad Yusuf, warga Dusun Pakem, Desa/Kecamatan Wajak, hanya bisa pasrah saat diringkus jajaran kepolisian, Kamis (16/5/2019). Remaja berusia 19 tahun ini harus berurusan dengan hukum karena tersangkut kasus penipuan dan penggelapan.

Baca Juga : Keluarkan Surat Edaran, Mulai Besok Bupati Malang Minta Warga Tidak Keluar Rumah

“Tersangka kami amankan setelah melakukan penipuan dan penggelapan barang elektronik berupa playstation (PS 2),” kata Kasubag Humas Polres Malang AKP Ainun Djariyah, Jumat (17/5/2019).

Diperoleh keterangan, aksi tersangka ini terjadi pada pertengahan April lalu. Saat itu, tersangka Ahmad mendatangi salah satu rental PS  2 yang berlokasi di Jalan Lahor, Desa/Kecamatan Wajak. “Tersangka yang saat itu mabuk memaksa untuk menyewa PS 2 yang ada di rentalan tersebut,” kata Ainun ini.

Mendapatkan permintaan tersangka, Suliadi -warga Jalan Lahor, Desa/Kecamatan Wajak- selaku pemilik tempat rentalan PS 2, semula sempat menolak.  Pasalnya, barang elektronik tersebut hanya direntalkan, bukan untuk disewa dan dibawa pulang.

Karena ditolak, tersangka Ahmad terus memaksa dan nekat membawa pulang PS 2 milik korban. Mengetahui hal ini, pria berusia 53 tahun itu akhirnya memperkenankan tersangka untuk menyewanya. “Dari perjanjian semula, PS 2 yang dibawa pulang bakal dikembalikan sehari setelah dipinjam,” ungkap Ainun.

Kenyataannya, hingga nyaris tiga minggu, PS 2 itu  tak kunjung dikembalikan. Lantaran tidak ada iktikad baik dari tersangka, kasus ini akhirnya dilaporkan ke pihak kepolisian.

Baca Juga : Polisi Akui Kejahatan Jalanan Kota Malang Meningkat Usai Program Asimilasi

Mendapat laporan, personel gabungan dari Mapolsek Wajak dan Tumpang dikerahkan ke lapangan guna melakukan penyelidikan. Hingga akhirnya, polisi berhasil mengamankan tersangka saat berada di kawasan Kantor Desa Wajak, Kamis (16/5/2019).

“Ketika diamankan, tersangka mengaku jika PS 2 milik korban disewakan ke orang lain yang tinggal di wilayah Kecamatan Poncokusumo. Kemudian langsung kami kembangkan dan berhasil mendapatkan barang bukti satu unit PS 2 serta dua stiknya,” imbuh Ainun.

Perwira polisi dengan tiga balok di bahu ini menuturkan, kasus ini masih dalam proses lidik. Namun, terhadap tersangka, saat ini sudah dilakukan penahanan di Polsek Wajak. “Pelaku kami jerat dengan pasal 372 juncto 378 KUHP tentang penipuan dan penggelapan,” ujar mantan kasat binmas Polres Malang ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Berita MalangKasus Penipuan dan Penggelapanplaystation (PS 2)diringkus jajaran kepolisianKasubag Humas Polres MalangAKP Ainun Djariyah

Berita Lainnya

Berita

Terbaru