Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Lingkungan

Pelebaran Jalan Penutupan Sungai dengan Box Culvert di Jl Ir Soekarno Bakal Dimulai Juli

Penulis : Irsya Richa - Editor : Lazuardi Firdaus

02 - Jun - 2019, 11:28

Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Sudah tidak ingin mengulur-ulur waktu demi kelancaran arus lalu lintas di jalur utama Kota Batu, terutama daerah rawan macet yakni Ir Soekarno, upaya pelebaran jalan bakal segera dilangsungkan dalam waktu dekat.

Rencananya, pengerjaan akan dimulai setelah Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) bulan Juli mendatang.

Baca Juga : Warga Keluhkan Limbah Pabrik Susu, DLH Kabupaten Malang Bakal Pantau Lewat CCTV

"Alhamdulilah Pemrpov Jatim telah mengakomodir pelebaran Jalan Ir. Soekarno dengan menutup box culvert di sepanjang sungai jalan tersebut,” kata Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso.

“Ya ini target kami, karena semakin cepat semakin baik demi kelancaran pariwisata di Kota Batu. Melihat setiap kali libur panjang menjadi permasalahan di jalur utama ini,” tambahnya.

Apalagi Pemerintah Provinsi Jawa Timur telah memberi lampu hijau untuk perluasan jalan dengan metode pemasangan box culvert di Jalan Ir Soekarno, Kecamatan Junrejo. Untuk pemasangan box culvert di jalan ini, biaya yang dikucurkan Rp 22,5 miliar.

”Program jalan ini sudah dimasukkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan Rencana Strategi (Rensta),” imbuh mantan anggota DPRD Kabupaten Malang ini.

Nantinya jalan yang digunakan akan memiliki lebar 12 meter dengan panjang 3.000 meter atau 3 kilometer. Solusinya sungai yang ada di jalan itu akan ditutup.

Baca Juga : Limbah Pabrik Susu Greenfields Indonesia Kembali Digugat Warga

Sungai itu akan ditutup dengan box culvert. Tetapi penutupan sungai dengan box culvert tidak akan menebang pohon yang ada di sana.

Melihat memang selama ini letak permasalahan kemacetan terparah terjadi salah satunya di jalan Ir Sorkarno. Karena ruas jalan tersebut cukup sempit meskipun itu adalah jalan provinsi.


Topik

Lingkungan batu berita-batu Pelebaran-Jalan-KOTA-BATU Wakil-Wali-Kota-Batu-Punjul-Santoso arus-lalu-lintas-Kota-Batu


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Lazuardi Firdaus