Tradisi piknik berbuka puasa di India (Foto: Istimewa)

Tradisi piknik berbuka puasa di India (Foto: Istimewa)



MALANGTIMES - Momen bulan Ramadan disambut dengan penuh suka cita oleh semua orang. Beragam kegiatan biasanya mewarnai hari - hari di bulan penuh berkah ini.

Meski begitu, ada juga tradisi budaya yang bercampur dengan rutinitas Ramadan yang akhirnya membuat perayaan bulan puasa di setiap wilayah bisa beraneka ragam.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut deretan tradisi unik Ramadan dari berbagai negara di seluruh dunia,

1. Gerga'aan di Kuwait
 

Perayaan Gerga'aan (Foto: Istimewa)
 


Gerga'aan, suatu perayaan selama tiga hari yang dilakukan anak-anak dengan mengetuk pintu rumah tetangga mereka dan bernyanyi untuk mendapatkan imbalan cokelat dan permen.

Mereka biasanya menyanyikan dua buah lagu, satu untuk perempuan dan satu lagi untuk laki - laki. Keduanya dimodifikasi dengan memasukkan nama-nama anak dari pemilik rumah.

Bunyi bel yang berdering dalam waktu dua minggu sebelum bulan Ramadan, menandai dimulainya tradisi gerga'aan.

2. Peledakan Meriam di Arab Saudi

Ilustrasi peledakan meriam (Foto: Istimewa)
 

Hal unik yang satu ini ada di Arab Saudi. Untuk memperingati waktu berbuka puasa, sahur dan waktu 1 Syawal di sana, akan ditandai dengan peledakan Meriam. 

Meriam tersebut akan ditempatkan di gunung yang disebut gunung meriam, dan akan diledakan setiap kali berbuka puasa, subuh dan masuknya 1 Syawal.

3. Fanous di Mesir

Tradisi lampu Fanous di Mesir. (Foto: babe.news)

Fanous atau Lentera telah menjadi sebuah simbol Ramadan di Timur Tengah. Orang di wilayah sana akan membeli lampu ini di bulan Ramadan, konon hal itu merupakan sumber cahaya bagi kehidupan.

Lentera yang terbuat dari logam dan kaca berwarna ini akan digantung di berbagai tempat, yakni di rumah, mal ke jalanan dan tenda-tenda Ramadan selama bulan suci ini.

4. Iftar Atar di Palestina
 

Tradisi iftar atar di Palestina (Foto: Istimewa)
 

Tradisi iftar atar ini mencakup ribuan orang Palestina yang akan melakukan berbuka puasa secara massal. Mereka akan berbuka puasa bersama dengan falafel, camilan kacang yang disebut kacang arab.

Selain itu, mereka juga akan mendekorasi rumah mereka dengan lampu warna-warni untuk memeriahkan suasana di jalanan Palestina.

5. Piknik Berbuka Puasa di India

Piknik berbuka puasa (Foto: Istimewa)
 

Umat muslim di India memiliki cara yang berbeda dalam berbuka puasa. Ya, ketika azan berkumandang, mereka akan berpiknik di gang-gang serta jalanan yang menuju Masjid Jama di New Delhi, tempat termegah di kota ini.

Di sepanjang gang menuju masjid tertua di New Delhi itu dipenuhi oleh para penjual makanan sehingga para masyarakat Islam dengan mudah dapat memilih hidangan yang akan mereka santap saat berbuka puasa dengan berpiknik di halaman Masjid Jama.

Namun, berbeda ketika musim dingin tiba. Masyarakat Islam di sana akan menggunakan kain besar di atas ubin untuk menghangatkan diri sambil makan hidangan berbuka yang sebelumnya sudah dipersiapkan dari rumah.

End of content

No more pages to load