Info gempa yang mengguncang wilayah Kabupaten Malang dari BMKG
Info gempa yang mengguncang wilayah Kabupaten Malang dari BMKG

MALANGTIMES - Gempa bumi mengguncang wilayah Kabupaten Malang. Walau terbilang pendek frekuensinya, tapi getarannya di beberapa wilayah Kabupaten Malang terasa kuat. Misalnya seperti di wilayah Kromengan, gempa yang menurut BMKG dengan magnitudo 4,9 cukup mengagetkan warga.

Di beberapa wilayah lainnya dari data yang diperoleh MalangTIMES.com, gempa yang terjadi Kamis (16/05/2019) malam sekitar pukul 21:39:01 WIB, dengan episenter gempa bumi terletak pada koordinat 8.87 LS, dan 112.48 BT. Atau tepatnya 82 kilometer barat daya Kabupaten Malang dengan kedalaman 10 km. Gempa juga dirasakan cukup kuat dan relatif lama di wilayah Turen. Pun di wilayah Gedangan, Tambakrejo dan Lenggoksono di Malang Selatan. Sedangkan Sumberpucung, Kepanjen, serta beberapa wilayah lainnya terasa cukup kuat getarannya walau dengan frekuensi waktu singkat.

Beberapa informasi yang diperoleh melalui pesan group WA PMI Kabupaten Malang, beberapa wilayah Kabupaten Malang lainnya tidak terkena efek gempa. Misalnya di Dau, Singosari, Bantur, maupun Donomulyo.

Kasubsi Penanggulangan Bencana PMI Kabupaten Malang, Mudji Utomo, menuliskan, dibeberapa wilayah Kabupaten Malang yang efek gempanya terasa kuat, misalnya di Tambakrejo, kondisinya saat ini aman terkendali. "Di Tambakrejo getaran terasa kuat, tapi tidak ada dampak. Kondisi aman dan terkendali. Semoga tidak berdampak pada gelombang laut," tulisnya mengabarkan situasi gempa, Kamis (16/05/2019) malam, selepas gempa mengguncang wilayah Kabupaten Malang.

Pun beberapa laporan yang masuk dari Lenggoksono. Menurut Mudji masih aman terkendali. "Sementara beberapa laporan dari berbagai wilayah masih aman dan terkendali. Untuk info lainnya menyusul," ucapnya.