Wali Kota Malang, Sutiaji didampingi jajaran forkopimda menghadiri safari ramadan di Masjid Ainul Yaqin Jl Tata Surya Tlogomas (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES)
Wali Kota Malang, Sutiaji didampingi jajaran forkopimda menghadiri safari ramadan di Masjid Ainul Yaqin Jl Tata Surya Tlogomas (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Tak sekedar menjadi sarana silaturahmi dengan akademisi, kegiatan safari ramadan ke sembilan kali ini Wali Kota Malang, Sutiaji membidik perguruan tinggi.

Ya, dalam agenda yang berjalan di Masjid Ainul Yaqin Jl Tata Surya Tlogomas, Kecamatan Lowokwaru, malam ini (Kamis, 16/5) pria berkacamata ini menitip pesan kepada kalangan akademis. Sutiaji minta akademisi untuk bersama-sama menjadikan pembangunan ekonomi kreatif melalui mahasiswa.

"Kami titip, saat ini yang kita perangi bersama - sama para mahasiswa. Banyak pengangguran terbuka yang itu bukan diisi anak SD, SMP, atau SMA tapi diisi oleh mahasiswa. Kebijakan kami ke depan ingin membangun ekonomi kreatif," ujar dia.

Karenanya ia mengajak para mahasiswa di Kota Malang untuk mengembangkan kreativitas dan jiwa entrepreneur untuk meningkatkan kreativitas para mahasiswa. 

Sehingga usai lulus kuliah mereka diharapkan bisa mandiri, dan menjadi entrepreuneur yang memajukan Kota Malang. Salah satunya dengan pembangunan rumah kreatif yang bisa menampung ide - ide atau inovasi mahasiswa.

"Penyumbang pengangguran tertinggi ini ada di perguruan tinggi, maka akan dibangun rumah kreatif untuk semua. Sehingga mahasiswa akan menjadi entrepreneur-entrepreneur untuk mengangkat kreativitas mereka," imbuhnya.

Upaya Pemkot Malang untuk menumbuhkan ekonomi kreatif di Kota Malang tersebut harus didukung dengan SDM generasi muda yang berpeluang untuk berkembang. "Sehingga, roda ekonomi bisa berputar hingga ke bawah dan Kota Malang semakin berkembang," tandasnya.