Cek Kejiwaan, Pemeriksaan Pelaku Mutilasi Didampingi Psikiater

MALANGTIMES - Polres Malang Kota saat ini terus melakukan pemeriksaan terhadap Sugeng, pelaku mutilasi seorang wanita di Pasar Besar Malang (14/5/2019). 

Pada pemeriksaan Sugeng, petugas menghadirkan seorang psikiater untuk mengetahui kondisi kejiwaan pelaku.

Sebab, dari gelagat pelaku dan kebiasaannya serta dari keterangan beberapa saksi sebelumnya, ada indikasi pelaku mengalami gangguan jiwa. 

Makanya untuk memperkuat kebenaran dugaan tersebut, pemeriksaan didampingi seorang psikiater.

"Pemeriksaan yang dilakukan sekitar pukul 16.00 WIB, masih berlangsung dan kami belum menerima hasil. Kami masih menunggu perkembangan," jelasnya beberapa menit lalu saat ditemui di kediamannya, Kamis (16/5/2019).

Mengenai akankah pelaku ditetapkan menjadi tersangka, dijelaskan Kapolres kembali, jika hal tersebut masih menunggu laporan hasil dari psikiater dan tim Labfor Polda Jatim. 

Namun jika hasil dari psikiater menyatakan pelaku mengalami gangguan jiwa, maka pelaku tak bisa dijerat dengan hukum.

"Tapi sekali lagi tak serta merta, semua menunggu hasil. Belum ada rencana untuk pembebasan," jelasnya.

Selian itu, pihak kepolisian juga akan berupaya melakukan penyelidikan terhadap informasi jika pelaku sebelumnya pernah berobat ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Lawang.

"Infromasi yang kami dapatkan tadi pelaku pernah dilakukan pemeriksaan di RSJ Lawang. Itu ada kartu berobatnya, nah itu masih kami dalami," bebernya.

Sebelumnya, Sugeng diketahui juga pernah melakukan penganiayaan dengan menyilet lidah pacarnya sendiri. Dari perbuatannya itu, ia ternyata juga sempat dipidana.

"Itu sudah lama, infromasinya dipidana tiga tahun," pungkasnya.

Top