Wabup Malang Sanusi saat memberikan ceramah di safari ramadan keempat di Masjid Nur Ismail

Wabup Malang Sanusi saat memberikan ceramah di safari ramadan keempat di Masjid Nur Ismail



MALANGTIMES - Safari Ramadan di Kabupaten Malang telah menginjak hari keempat. Safari Ramadan yang secara langsung dihadiri Wakil Bupati (Wabup) Malang beserta istri serta Sekda Kabupaten Malang dan pejabat teras Kabupaten Malang lain tersebut mengusung konsep dan tema perubahan manusia di dunia.

Berlokasi di Masjid Nur Ismail, Dusun Krajan, Desa Tajinan, Kecamatan Tajinan, Safari Ramadan keempat Pemkab Malang menitikberatkan pada peran manusia dalam kehidupannya sehari-hari. Khususnya bagaimana peran yang disandangnya bisa menjadi sesuatu yang bermanfaat dan berguna bagi manusia lainnya. Khususnya bagi dirinya sendiri sebagai manusia, masyarakat dan bagian dalam negara.

Tema inilah yang ditekankan secara khusus oleh Wabup Malang Sanusi. Dirinya menyampaikan, hal terpenting dalam sebuah perubahan adalah yang terjadi pada diri sendiri terlebih dahulu. "Saat kita mampu merubah diri kita sendiri ke arah yang lebih baik, maka perubahan akan bisa dimulai ke arah yang lebih luas," kata Sanusi sambil mengutip QS 13:11.

"Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubah apa- apa yang pada diri mereka".
Bertolak dari sana, Sanusi mendorong pada warga untuk terus melakukan perubahan-perubahan kecil terlebih dahulu di sekitarnya. Setelah mampu mengubah kondisi-kondisi yang tidak baik dalam dirinya ke arah kebaikan.
 


"Pada akhirnya perubahan itu akan semakin besar dalam berbagai aspek pembangunan di wilayahnya. Ini yang tentunya pemerintah Kabupaten Malang membutuhkannya untuk mendukung pembangunan di Kabupaten Malang," ujar Sanusi.

Politisi PKB ini mencontohkan terkait pemberantasan kemiskinan di Kabupaten Malang. Tanpa adanya dukungan dan bantuan dari masyarakat sendiri, akan menjadi program kerja yang membutuhkan waktu lama mencapai target yang ditetapkan.

"Problem kemiskinan itu tidak bisa berkurang secara cepat jika masyarakat tidak turut bersedia atau memiliki kemauan untuk mengubah nasibnya sendiri. Kalau masyarakat berubah dari dirinya sendiri dilengkapi program pemerintah, maka pementasan kemiskinan ini akan cepat progresnya," urai Sanusi.

Perubahan-perubahan tersebut juga bisa dimulai dengan adanya berbagai kegiatan ibadah bersama, seperti Safari Ramadan. Dimana Pemerintah Kabupaten Malang mengajak masyarakat untuk bergerak, berhijrah, serta bersilaturahmi dalam acara itu. Acara yang dimungkinkan bisa melahirkan berbagai program pemerintahan yang sesuai dengan harapan masyarakatnya. Sampai pada adanya kepentingan terkait ukhuwah islamiah yang telah terpelihara.

"Bahwa Safari Ramadan pun bagian dalam sebuah perubahan. Baik bagi kami dari Pemkab Malang maupun di tingkat masyarakat itu sendiri. Perubahan ke arah yang lebih baik untuk mencapai apa yang digariskan dalam visi misi Kabupaten Malang," pungkas Sanusi. 

End of content

No more pages to load