Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Kota Batu Lolos Gerakan Menuju 100 Smart City 2019

Penulis : Irsya Richa - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

16 - May - 2019, 09:54

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat menandatangani nota kesepahaman Gerakan Menuju 100 Smart City 2019 di Hotel Santika Premiere Hayam Wuruk, Jakarta, pada Rabu (15/5/2019). (Foto: istimewa)
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat menandatangani nota kesepahaman Gerakan Menuju 100 Smart City 2019 di Hotel Santika Premiere Hayam Wuruk, Jakarta, pada Rabu (15/5/2019). (Foto: istimewa)

MALANGTIMES - Meskipun belum di-launching, Smart City Kota  Batu terus menorehkan prestasi. Prestasi yang diraih itu adalah Smart City Kota Batu berhasil lolos menjadi bagian gerakan menuju 100 Smart City 2019.

Baca Juga : Bansos untuk Warga Terdampak Covid-19 Mulai Disalurkan, Pemkot Malang Buat Skema Baru

Ya Kota Batu berhasil menyisihkan 500 kota/kabupaten di Indonesia. Dalam program menuju 100 Smart City 2019 ada tiga tahap assessment. Pada tahun 2017 saat itu diambil 25 kota/kabupaten. Kemudian tahun 2018 Kota Batu lolos 50 kota/kabupaten. Dan tahun 2019 ini lolos 25 kota/kabupaten.

 Kota Batu ikut dan lolos tahap ketiga dari 165 kota/kabupaten yang berpartisipasi. Sehingga pada Rabu (15/5/2019) lalu, dilakukan penandatanganan nota kesepahaman di Hotel Santika Premiere Hayam Wuruk, Jakarta, bersama 25 kota/kabupaten yang lolos tahap tiga.

MoU untuk kota/kab yang sudah lolos meliputi tanda tangan bimtek, pertukaran data, dan legal software dengan menggunakan free and open source software (FOSS) antar-OPD, sosialisasi gerakan menuju 100 Smart City.

“Keempat integrasi data antar-OPD. Setelah dilakukan MoU kan ditindaklanjuti dengan perjanjian kerja sama (PKS). Untuk Kota Batu, pengembangan yang dilakukan melalui smart city ada dua hal. Program tata kelola pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat,” ungkap Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Batu Agoes Machmoedi.

Baca Juga : Pemda yang Tidak Alokasikan Dana untuk Penanganan Covid-19 Akan Kena Sanksi

Keterlibatan Kota Batu menjadi bagian yang ikut andil sejak tahun 2017 dan mulai dioperasikan tahun 2018. Dan smart city adalah program nasional. 

Untuk mencapai hingga tahapan saat ini, Kota Batu sudah melewati beberapa tahapan assessment yang digelar 21-22 Februari lalu. Beberapa tahapan assessment meliputi komitmen dari kepala daerah. Lalu harus memiliki payung hukum dalam bentuk Perda terkait smart city. Kemudian memiliki master plan pembangaunan smart city daerah. “Hingga memiliki stuktur organisasi pengelola smart city di daerah, dan terakhir terkait penganggaran,” imbuhnya ”Dan karena inilah Kota Batu mampu lolos dalam program ini,” tutup Agoes


Topik

Pemerintahan batu berita-batu Gerakan-Menuju 100-Smart-City-2019 Smart-City-Kota- Batu kabupaten-di-Indonesia perjanjian-kerja-sama free-and-open-source-software


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Sri Kurnia Mahiruni