Ilustrasi zonasi pendidikan 2019 (Ist)

Ilustrasi zonasi pendidikan 2019 (Ist)



MALANGTIMES - Sistem zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) dengan mekanisme dalam jaringan (Daring) Kabupaten Malang, membuat masyarakat bertanya-tanya. Khususnya terkait wilayah di jalur zonasi bagi calon peserta didik baru (CPDB).

Dari lampiran Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang Nomor 420 tahun 2019 tentang Pedoman Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), zonasi SMPN memang sangat perlu diketahui masyarakat. Terutama dengan adanya pembagian tiga zona di setiap SMPN.

Hal ini dibenarkan oleh Plt Sekertaris Dinas Pendidikan Kabupaten Malang Puji Hariwati yang mengatakan, bahwa ada tiga zona di setiap sekolah dalam PPDB SMP 2019 di Kabupaten Malang. "Jadi ada ring 1, ring 2 dan ring 3 di setiap satuan pendidikan," kata Puji.

Pembagian ring tersebut terkait erat dengan kuota lembaga pendidikan di setiap lembaga dengan CPDB. Kedekatan domisili dengan lembaga sekolah yang menjadi penentu CPDB disesuaikan dengan ring yang telah ada.

Dari 69 SMPN di Kabupaten Malang, ring 1 diperuntukkan untuk CPDB yang domisilinya berada di wilayah sekolah. Misalnya untuk SMPN 1 Ampelgading, maka ring 1 untuk Tirtomarto yang merupakan lokasi sekolah. Di ring 2 adalah wilayah yang masih di Ampelgading, dimana bila di wilayah kecamatan tersebut terdapat lebih dari satu sekolah. Maka ring 2 diisi desa-desa terdekat dari ring 1 yang dibagi secara proporsional dan atau dilihat dari jumlah penduduk. 

Ring 3 untuk SMPN 1 Ampelgading diperuntukkan untuk Ampelgading, Dampit, Tirtoyudo dan Poncokusumo.

Di sekolah lainnya pun pembagian ring tersebut sama dengan contoh di atas. Bahwa PPDB ditentukan dari alamat atau lokasi sekolah di ring 1. Dilanjut ring 2 untuk wilayah terdekat dan dibagi sesuai jumlah SMPN yang ada di lokasi tersebut. Baru di ring 3 CPDB dari luar zonasi bisa mengikuti pendaftaran di sekolah tersebut. 

"Bila kuota kursi di sekolah yang dituju tersebut masih tersedia," ujar Puji.

Untuk mengetahui secara detail zona SMPN jalur zonasi dan perpindahan orang tua, maka masyarakat bisa mengakses situs https://malangkab.siap-ppdb.com.

"Di situs itu masyarakat bisa melihat jumlah rombel, kuota serta zona wilayah sekolah. Situs itu juga sebagai tempat untuk mendaftar bagi CPDB jalur zonasi dan perpindahan orang tua,"pungkas Puji.

End of content

No more pages to load