Ilustrasi PPDB 2019 jalur perpindahan orang tua. (Ist)

Ilustrasi PPDB 2019 jalur perpindahan orang tua. (Ist)



MALANGTIMES - Pasal 6 Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang Nomor 420 tahun 2019 tentang Pedoman Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) pada Sekolah Menengah Pertama Negeri dengan Mekanisme Dalam Jaringan (Daring) secara jelas membagi tiga jalur bagi calon peserta didik baru (CPDB). Yaitu zonasi, prestasi, dan jalur perpindahan orang tua.

Di jalur perpindahan orang tua dengan kuota 5 persen di Kabupaten Malang, waktu pendaftaran sama dengan jalur zonasi, yaitu tanggal 20- 22 Mei 2019. Sedangkan pengumuman CPDB yang diterima pada semua jalur dilaksanakan pada 24 Mei 2019 pukul 10.00 WIB.

Lantas, di mana saja CPDB melalui jalur perpindahan orang tua bisa mengikuti PPDB di wilayah Kabupaten Malang? "Untuk jalur perpindahan orang tua, bisa mendaftarkan anaknya di 69 SMPN yang ada di Kabupaten Malang yang sesuai dengan lokasi pindahnya atau zonasi sekolahnya," kata M. Hidayat, kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang melalui Plt Sekdin Pendidikan Puji Hariwati, Rabu (15/05/2019).

Ke-69 SMPN tersebut terdapat di berbagai wilayah kecamatan dengan pagu kursi yang berbeda-beda. Pagu kursi terbanyak adalah 352 dan terkecil adalah 96 kursi.  

Pagu memang berbeda-beda dan disesuaikan dengan rombongan belajarnya (rombel) 2 sampai 11. Dari pagu kursi, paling banyak dipegang  SMPN di wilayah Kepanjen, Bululawang, Singosari dan sebagian kecil wilayah Sumberpucung. Terbanyak pagu untuk CPDB berada di SMPN 1 Kepanjen, SMPN 4 Kepanjen, dan SMPN 2 Sumberpucung dengan jumlah kursi maksimal yang disiapkan sebanyak 352. 

Dari total pagu tersebut, jalur perpindahan orang tua mendapatkan sebanyak 18 kursi per masing-masing sekolah. "Di tiga SMPN terbanyak pagunya itu, jalur perpindahan orang tua mendapat 18 kursi masing-masing," ujar Puji.

Sedangkan bagi SMPN lain rata-rata pagu antara 100-200 kursi lebih. Terkecil pagu kursi di dalam PPDB 2019 berada di SMPN 2 Ampelgading sebanyak 64 kursi. Jadi untuk jalur perpindahan orang tua hanya 3 kursi.

Jalur perpindahan orang tua ditujukan bagi calon peserta didik yang berdomisili di luar zonasi sekolah yang bersangkutan. Perpindahan tugas dibuktikan dengan surat penugasan dari instansi, lembaga, kantor, atau perusahaan yang mempekerjakan. 

End of content

No more pages to load