Ilustrasi salah satu kampung tematik di Kota Malang, Kampung Warna - Warni Jodipan (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES)
Ilustrasi salah satu kampung tematik di Kota Malang, Kampung Warna - Warni Jodipan (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Wacana pemerintah kota (Pemkot) Malang mengembangkan destinasi wisata bukan hanya isapan jempol belaka. Ya, saat ini tengah dipersiapkan pembangunan kampung tematik khas malangan yakni 'Kampung Arema' yang bakal dibangun di kawasan Kelurahan Tasikmadu, Kecamatan Lowokwaru.

Nah, kira - kira apa saja yang bakal menghiasi kawasan tematik yang satu ini? Dari informasi yang diperoleh tim Malangtimes.com, berikut ini lima hal mengenai bakal adanya Kampung Arema di Kota Malang,

1. Pembangunan Kampung Ini Akan Memakai Lahan Seluas 25 Hektar

Khusus Kampung Arema ini, Wali Kota Malang Sutiaji menyatakan jika Pemkot Malang sudah menyiapkan lahan seluas 25 hektare di Tasikmadu, Kecamatan Lowokwaru tersebut. Rencananya tahap pembangunan kampung ini akan dikerjakan pada 2020 mendatang.

2. Dihadirkan Dengan Segala Kearifan Lokal Khas Malangan 

Beberapa potensi yang dimiliki Kota Malang hingga Kabupaten Malang bahkan Kota Batu bakal menjadi ciri khas kampung Arema ini. Ada miniatur pantai, beragam kuliner tradisional khas Malang dan juga keseniannya. "Semuanya itu akan diwujudkan sebagai satu kesatuan utuh Kampung Arema," ujar Wali Kota Malang, Sutiaji. 

3. Bahasa Yang Digunakan Untuk Komunikasi di Kawasan Kampung Ini Menggunakan Bahasa Walikan (Terbalik)

Bahasa walikan tersebut akan menjadi ciri khas komunikasi warga Malang Raya. Selain itu, bahasa walikan yang digunakan dalam berkomunikasi itu nanti sekaligus mengenalkan salah satu identitas bahasa khas Malangan.

"Seperti bahasa walikan yang sudah membudaya sejak dulu di kalangan kera - kera Ngalam (arek - arek Malang) harus dihadirkan disini nantinya," papar pria yang hobi bermain bulutangkis ini.

4. Bakal Dibangun dengan Ciri Khas Bangunan Limasan

Nah, bangunannya pun nanti akan dilengkapi dengan ciri khas Limasan. Salah satu jenis rumah arsitektur tradisional jawa. Konon, rumah yang sudah ada sejak zaman nenek moyang ini mengandung falsafah yang syarat makna dan nilai sosiokultural. 

Selain itu rumah Limasan dikenal memiliki desain sederhana dan dapat meredam gempa.

5. Menjadi Pelengkap Destinasi Kampung Tematik di Kota Malang Lainnya

Kampung ini akan menjadi pelengkap dari destinasi wisata kampung tematik yang sebelumnya sudah ada di Kota Malang. Seperti,Kampung Warna Warni, Kampung Biru, Kampung Putih, Kampung 3D, dan Kampung Glintung.

"Kampung Arema ini nantinya akan lebih menarik kedatangan wisatawan di Kota Malang. Mereka akan semakin mengenal akan budaya dan karakteristik yang dimiliki kota ini," pungkasnya.