Wali Kota Malang, Sutiaji saat audiensi bersama Dukut Imam Widodo dan team di Ruang Rapat Walikota (Foto: Humas Pemkot Malang)

Wali Kota Malang, Sutiaji saat audiensi bersama Dukut Imam Widodo dan team di Ruang Rapat Walikota (Foto: Humas Pemkot Malang)



MALANGTIMES - Pemerintah Kota Malang terus berinovasi untuk mengembangkan sektor pariwisata. 

Rencananya, untuk menambah destinasi wisata bakal ada penambahan kampung tematik khas malangan.

Ya, wilayah Kelurahan Tasikmadu Kecamatan Lowokwaru Kota Malang telah dicanangkan untuk pembangunan 'Kampung Arema'. 

Bahkan untuk mewujudkan destinasi wisata baru itu, Pemkot Malang sudah menyiapkan lahan seluas 25 hektare di wilayah tersebut.

"Kampung Arema ini akan menjadi kampung tematik yang berbeda dari yang lain. Mulai dari segi bangunan rumahnya, adat istiadatnya dan semua hal yang ada di sana semua akan memunculkan khas malangannya," ujar Sutiaji, Selasa (14/5).

Menurut dia, Kampung Arena ini nantinya akan mampu menarik kedatangan wisatawan di Kota Malang untuk sekadar berkunjung atau pun mengenal budaya dan karakteristik yang dimiliki Kota Malang.

Mulai Mulai dari ciri khas bangunannya yang terkenal dengan limasan, makanan tradisionalnya, keseniannya sampai dengan bahasa walikan yang sudah membudaya.

"Semuanya itu akan diwujudkan sebagai satu kesatuan utuh Kampung Arema. Seperti bahasa walikan yang sudah membudaya sejak dulu di kalangan kera - kera Ngalam (arek - arek Malang) dihadirkan disini nantinya," imbuh dia.

Pihaknya juga akan menggaet Pengarang Buku Malang Tempoe Doloe Dukut Imam Widodo untuk memberikan ide - ide dalam membangun Kampung Arema.

Dukut mengaku keikutsertannya dalam membangun Kota Malang ini sebagai wujud untuk melestarikan kebudayaan yang ada. 

"Dengan keikutsertaan ini, bentuk wujud Corporate Heritage Resposibility akan kami persembahkan bagi Kota Malang," paparnya.

End of content

No more pages to load