Kepala DPKPCK Kabupaten Malang Wahyu Hidayat mendapat apresiasi dari DPRD terkait progres Ranperda RDTRK SIngosari (Nana)

Kepala DPKPCK Kabupaten Malang Wahyu Hidayat mendapat apresiasi dari DPRD terkait progres Ranperda RDTRK SIngosari (Nana)


Pewarta

Dede Nana

Editor

Heryanto


MALANGTIMES - DPRD Kabupaten Malang, mengapresiasi kerja cepat Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Cipta Karya (DPKPCK) Kabupaten Malang. 

Khususnya terkait rancangan regulasi yang nantinya akan memayungi wilayah Singosari secara detail. 

Yakni Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Rencana Detail Tata Ruang Kecamatan (RDTRK) Singosari.

Apresiasi tersebut didorong berbagai faktor ditingkat lapangan yang terbilang cepat di wilayah Singosari. 

Misalnya diresmikannya jalan tol Malang-Pandaan (Mapan), kemarin (13/05) oleh presiden Joko Widodo sampai dengan rencana pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Singosari. 

Berbagai pembangunan skala nasional itu, secara langsung mengakibatkan pergeseran dan perubahan tata ruang dan wilayah.

Jauh hari sebelum itu, Komisi A DPRD Kabuaten Malang telah mendorong DPKPCK Kabupaten Malang, untuk melakukan revisi RDTRK Singosari. 

Dikarenakan banyaknya pembangunan skala nasional di lokasi tersebut maupun yang eksesnya akan masuk ke wilayah Singosari.

"Beberapa waktu lalu kami usul ada perubahan pada usulan Ranperda RDTR Singosari seiring dengan berkembangnya wilayah. Setelah usulan dari kami sampaikan, tak lama kami dapat informasi Ranperda disetujui ditingkat provinsi Jatim," ucap Didik Gatot Subroto Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Malang.

Gerak cepat DPKPCK Kabupaten Malang tersebut, menurut Wahyu Hidayat, dikarenakan berbagai proses pembangunan di wilayah Singosari semakin mendesak dan akan selesai. 

Sehingga, pihaknya yang telah bertahun-tahun mengawal beberapa Ranperda RDTRK di wilayah Kabupaten Malang, tidak ingin kecolongan. 

Pembahasan tahap akhir di tingkat Provinsi Jatim pun digelar antara DPKPCK Kabupaten Malang bersama Tim Koordinasi Penataan Ruang Provinsi Jawa Timur (Jatim) serta Kepala DPKPCK Provinsi Jatim, akhir April 2019 lalu di Surabaya.

“Kita telah laksanakan pembahasan tahap akhir Ranperda RDTRK Singosari. InsyaAllah target menjadi Perda sekitar bulan Juni mendatang, setelah hari raya,” ucap Wahyu Hidayat Kepala DPKPCK Kabupaten Malang.

Wahyu juga menegaskan, pihaknya mengejar agar regulasi ini bisa di dok sebelum pembangunan KEK Singosari berjalan. 

“Ini menjadi penting bagi tata ruang dan wilayah Singosari. Walaupun sebenarnya dalam perubahan tidak terlalu substansial," ujar Wahyu yang menjelaskan beberapa poin penting yang dibahas.

Yakni, pengendalian tata ruang sekitar jalan tol, cagar budaya, pertahanan keamanan, perumahan serta hal lainnya. 

“Dan ini sebenarnya sudah tercantum dalam Ranperda RDTR Singosari yang lama. Tapi, sekali lagi tentu perlu adanya perubahan di tengah pesatnya pembangunan di Singosari,” urai Wahyu.

Didik, saat itu pernah menyampaikan sedikit keberatan terhadap pemerintah Kabupaten Malang yang tidak melibatkan pihaknya dalam perubahan Ranperda itu. 

Tapi, lanjut Didik, pihaknya tidak terlalu mempersoalkan hal itu, sepanjang isi dari Ranperda telah berubah dan mengikuti perkembangan di lapangan.

”Intinya di sana, maka DPRD Kabupaten Malang pun setuju dengan Ranperda tersebut,” pungkas caleg PDI-Perjuangan tahun 2019 yang kembali menguasai kursi parlemen di Kabupaten Malang ini.

End of content

No more pages to load