Ilustrasi negara Argentina (Foto: Instagram/secretargentina)

Ilustrasi negara Argentina (Foto: Instagram/secretargentina)



MALANGTIMES - Di bulan Ramadan, waktu untuk berbuka adalah salah satu hal yang paling ditunggu. Jika di Indonesia kurun waktu untuk berpuasa itu kurang lebih selama 14 jam, lain halnya dengan di negara lain.

Pasalnya, penentuan waktu berpuasa tergantung dari lamanya matahari terbit dan terbenam. Bahkan, bagi negara yang memiliki empat musim waktu berpuasanya pun berbeda. Sehingga waktu Ramadan tergantung dengan bertepatannya musim yang tengah berjalan.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa negara yang memiliki waktu berpuasa tercepat di dunia,

1. Antartika

Negara bagian Antartika, daerah yang memiliki waktu berpuasa tercepat di dunia. Yakni 8 jam 18 menit saja, umat muslim di sana menjalankan puasa dengan waktu imsak pukul 06.30 pagi dan waktu berbuka puasa pada pukul 15.48 waktu setempat.

2. Chili

Chili yang berada di benua Amerika menjadi negara kedua dengan waktu puasa terpendek. Umat Islam di Chili hanya melaksanakan ibadah puasa selama sembilan jam, yakni mulai pukul 05.31 pagi sampai 15.00 sore waktu setempat. Meski sebentar, umat muslim di sini menjalankan ibadah puasa dengan cuaca yang sangat dingin dan udara yang cukup kering.

3. Argentina

Berbeda 40 menit saja dengan negara Chili, umat Islam di Argentina melaksanakan ibadah puasa selama 9 jam 40 menit. Namun, di sini jumlah umat muslim yang menjalankan ibadah puasa lebih sedikit yakni kurang lebih 400 jiwa atau hanya 1 persen dari jumlah masyarakat yang tinggal di sana.

4. Afrika Selatan

Ya, umat muslim di negara ini hanya perlu melaksanakan ibadah puasa selama 10 jam 30 menit saja. Namun, beribadah puasa di Afrika Selatan harus ekstra menahan godaan, karena kondisi cuaca yang panas dan kering.

5. Brazil

Brazil juga memiliki beberapa tradisi Ramadan seperti di negara - negara Islam lainnya. Hanya saja waktu berpuasa di negara ini berlangsung lebih cepat yaitu selama kurang lebih 11 jam.

End of content

No more pages to load