Potensi Jumlah Wisatawan Meningkat Saat Lebaran, Bapenda Kabupaten Malang Optimis Pajak Perhotelan Bakal Surplus 20 Persen

MALANGTIMES - Sekitar tiga minggu ke depan, umat Islam bakal merayakan hari kemenangan. Iya, apalagi kalau bukan hari raya idul fitri. Momen lebaran yang identik dengan libur panjang, biasanya dijadikan sebagai ajang untuk liburan bersama keluarga dan sanak saudara.

Di sisi lain, potensi wisata yang ada di Malang Raya, selama ini memang menjadi salah satu destinasi favorit untuk menghabiskan waktu liburan. Tidak menutup kemungkinan, potensi ini dapat menambah pundi-pundi pendapatan daerah. “Target kami, mulai bulan Mei hingga lebaran yang jatuh pada bulan Juni mendatang. Pendapatan pajak perhotelan bisa meraup 20 persen dari target yang ditentukan,” kata Kepala Bapenda Kabupaten Malang, Dr Purnadi kepada malangtimes.com.

Hingga rekapan terbaru, tepatnya pada akhir bulan April lalu, Bapenda Kabupaten Malang sudah meraih pendapatan pajak perhotelan mencapai 50 persen dari target yang ditentukan. Jika dinominalkan angkanya mencapai Rp 1.416.385.156. Sedangkan targetnya adalah Rp 3.080.000.000. “Tutup buku kurang delapan bulan, kami optimis pendapatan pajak hotel bisa berakhir surplus di tahun ini,” terang Dr Purnadi.

Jika melihat data yang ada, selain sektor pajak BPHTB (bea perolehan hak atas tanah dan bangunan) serta pajak restoran. Sektor perhotelan memang selalu mengalami surplus di setiap tahunnya.

Pada tahun 2018 lalu misalnya. Bapenda Kabupaten Malang mendulang pendapatan hingga menggali surplus lebih dari 25 persen. Di mana dari target yang hanya Rp 2,9 miliar. Hingga tutup buku 2018, Bapenda memperoleh pendapatan pajak perhotelan dengan nominal Rp 3.752.710.182.

Jika dibanding tahun 2018, di tahun 2019 ini target pajak hotel memang mengalami peningkatan mencapai kisaran Rp 100 juta. Namun demikian OPD (Organisasi Perangkat Daerah) yang dikepalai Dr Purnadi ini, optimis tahun 2019 pendapatan sektor pajak hotel akan kembali mengalami surplus.

“Tahun ini memang targetnya meningkat Rp 100 juta. Namun tahun lalu saja, kita bisa surplus lebih dari Rp 750 juta. Sekarang potensi hotel juga sedang berkembang, apalagi saat moment lebaran. Kami yakin tahun ini bisa mengalami surplus dengan perolehan yang signifikan,” tutup mantan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Malang ini.

Top