MALANGTIMES - Penerima Kalpataru Kategori Pembina Lingkungan 2018, Bambang Irianto, akan segera melakukan replikasi sesuai tugasnya setelah menerima penghargaan tertinggi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Setelah berhasil menumbuhkan Kampung Glintung Go Green (3G), Bambang Irianto yang berhasil mendapat penghargaan di Taman Wisata Alam Batu Putih, Tangkoko, Bitung, Sulawesi Tengah. 

Pria yang pernah menjabat Ketua RW 23 Kelurahan Purwantoro itu kini akan bergerak untuk replikasi. Wilayah terdekat ada di RW 5 dan RW 18 Purwantoro, Blimbing, Kota Malang yang menjadi sasaran untuk dijadikan kampung bermanfaat. "Selama Setahun setelah mendapat penghargaan ini, kami mendapat kesempatan replikasi dengan bantuan dari kementerian atau pusat. Ini sudah sesuai dengan Permen LHK tentang penghargaan Kalpataru," ujar Bambang Irianto kepada malangtimes.com.

Bantuan yang dimaksud Bambang Irianto dari pemerintah sebesar Rp 50 juta itu bisa berupa pengembangan infrastruktur atau pemberdayaan manusia. Bantuan yang diberikan pemerintah sebesar Rp 50 juta. "Paling lama mengajukan proposal program itu 17 Juni, jadi harus dikebut. Saya juga harus punya waktu dan tenaga banyak dalam membangun lingkungan. Dan ingat, bantuan itu bukan untuk pribadi saya. Melainkan harus mereplikasi inovasi lingkungan di luar wilayah saya," imbuhnya.

Sementara itu, Bambang yang melihat ada potensi di wilayah RW 5 itu memang memiliki potensi dari mata air yang sangat jernih. "Saya lihat di RW 5 itu ada potensi mata air. Itu belum dikelola secara maksimal. Tapi realisasi itu harus diverifikasi dari pusat melalui administratif maupun lapangan dan melalui tahapan seleksi," pungkasnya.