Kasi Pendidikan Agama Kementerian Agama (Kemenag) Kota Malang, Sutrisno. (Imarotul Izzah/MalangTIMES)

Kasi Pendidikan Agama Kementerian Agama (Kemenag) Kota Malang, Sutrisno. (Imarotul Izzah/MalangTIMES)



MALANGTIMES - Madrasah Aliyah di kota Malang berpartisipasi besar dalam menjadikan Kota Malang sebagai peringkat tertinggi dalam Hasil UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) se-Jawa Timur. Madrasah penyumbang nilai terbaik itu berasal dari MAN 1 dan MAN 2 Kota Malang. Kedua madrasah tersebut bertengger di 10 besar MA negeri dan swasta terbaik se-Jatim.

Hal ini dibenarkan oleh Kasi Pendidikan Agama Kementerian Agama (Kemenag) Kota Malang, Sutrisno saat ditemui di kantor Kemenag. "Insya Allah MA di Kota Malang termasuk yang ikut partisipasi besar menjadikan Kota Malang menjadi peraih tertinggi. Salah satunya adalah peran dari Madrasah Aliyah, terutama dua madrasah kita, MAN 1 dan MAN 2, itu menyumbangkan angka yang cukup besar," ujarnya kepada malangtimes.com.

Perlu diketahui, perolehan nilai UNBK MAN 2 dengan mata pelajaran IPA mencapai rata-rata 83,64 sedangkan untuk IPS mencapai rata-rata 77,79. Sedangkan MAN 1 Kota Malang berada di peringkat ketiga dengan perolehan nilai IPA rata-rata 68,29 dan IPS 62,04.

"Se-Jawa Timur memang kota Malang Alhamdulillah nomor satu. Semuanya hampir diraih oleh Madrasah Aliyah di Kota Malang, baik negeri maupun swasta. Bahkan ada satu swasta itu yang mengalahkan yang lain yaitu MA At-Taraqqie," tandasnya kemudian.

Tak hanya nilai UNBK, dijelaskan Tris, tiga mata pelajaran lainnya, yakni Al-Quran dan Hadits, Sejarah Kebudayaan Islam (SKI), serta Fiqih juga meraih nilai tertinggi se-Jawa Timur dalam Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN). "Tiga mapel, yaitu Alquran Hadis, kemudian SKI, dan fiqih itu juga kota Malang Alhamdulillah tertinggi di Jawa Timur. 3 mapel itu untuk tahun ini," ucapnya.

Untuk itu, Tris berharap perolehan nilai tertinggi tak hanya berhenti di tahun ini. Tak hanya mampu mempertahankan, melainkan juga ia berharap Kota Malang mampu menjadi terbaik hingga tingkat nasional. "Semoga tahun yang akan datang bisa kami pertahankan bahwa Malang tetap menjadi yang nomor satu di Jawa Timur. Bahkan nanti madrasahnya nanti bisa tingkat nasional. Karena nilai tertinggi kita kan 395,5 di Jawa Timur," pungkasnya.

End of content

No more pages to load