Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa usai menjenguk KH M Tolchah Hasan, mantan Menteri Agama RI yang tengah dirawat di Malang. (Foto: Dokumen MalangTIMES)

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa usai menjenguk KH M Tolchah Hasan, mantan Menteri Agama RI yang tengah dirawat di Malang. (Foto: Dokumen MalangTIMES)



MALANGTIMES - Di sela kegiatan dinas di Kota Malang, hari ini (13/5/2019) Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa menyempatkan diri mengunjungi mantan Menteri Agama (Menag) RI, KH Muhammad Tolchah Hasan. KH Tolchah Hasan tengah terbaring sakit dan menjalani perawatan di Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Malang. 

Khofifah pun mengajak seluruh warga Jatim untuk mendoakan kiai yang merupakan salah satu intelektual besar di kalangan Nahdlatul Ulama (NU) itu. "KH Tolchah Hasan bukan hanya mantan Menag, tetapi beliau juga merupakan tokoh nasional, ulama besar dan selalu mendidik anak-anak bangsa," ujar Khofifah usai kunjungan kepada malangtimes.com. 

"Hari ini beliau sedang sakit, mohon doanya bagi seluruh warga Jatim, terutama warga NU. Semoga Kiai Tolchah segera diberi kesembuhan oleh Allah dan  mudah-mudahan selalu dalam lindungan-Nya," tutur mantan Menteri Sosial RI itu. 

Kunjungan tersebut berlangsung tertutup mengingat kondisi KH Tolchah Hasan yang masih membutuhkan perawatan intensif. Khofifah sendiri tidak menyebut penyakit yang tengah mendera KH Tolchah Hasan. Dia mengaku kaget saat mendengar informasi mengenai sakitnya KH Tolchah Hasan. Khofifah pun langsung menjenguk ke rumah sakit usai mendampingi Presiden RI Joko Widodo meresmikan Tol Pandaan-Malang.  "Sampai saat ini kondisi Kiai agak lemah, tetapi beliau masih dawuh-dawuh (memberi arahan), masih berkomunikasi," sebutnya. 

Ketua Muslimat NU itu lantas mengenang saat masa-masa awal terjun ke dunia organisasi keagamaan. Yakni ketika KH Tolchah memintanya menjadi Ketua Yayasan Khadijah pada 1998 silam. Saat dirinya menjawab tidak sanggup, KH Tolchah meyakinkan bahwa Khofifah mampu. "Beliau langsung menelepon, saya bilang nggak sanggup tetapi Kiai Tolchah dawuh saya harus mau," kenangnya.

Dalam kesempatan itu, Khofifah turut didampingi oleh Wakil Bupati Malang Sanusi dan Wali Kota Malang Sutiaji. Sutiaji juga menyampaikan doa agar KH Tolchah Hasan dapat kembali sehat seperti sedia kala. "Kami ikut berdoa, terlepas dari Kiai Tolchah di Malang tapi beliau ini tokoh nasional. Setiap Rabu saya mengaji ke beliau, banyak ilmu yang beliau sampaikan. Satu misalnya, beliau orang yang ikhlas dan semangatnya menjaga persaudaraan tinggi," ujar Sutiaji. 

End of content

No more pages to load