MALANGTIMES - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya meresmikan secara simbolis pengoperasian jalan tol Malang-Pandaan (Mapan) saat melakukan kunjungan kerjanya ke Kabupaten Malang, Senin (13/05/2019).

Kehadiran Jokowi yang didampingi Menteri PUPR Basuki Hadi Muljono, Menteri BUMN Rini Soemarno dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa serta sejumlah kepala daerah di wilayah Malang Raya, Kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Probolinggo. 

Sebelum meresmikan jalan tol Mapan sepanjang 38,4 Kilometer (Km) Jokowi terlebih dahulu meninjau displai panel dan maket proyek jalan tol Pandaan-Malang. 

Kehadiran orang nomor satu di Indonesia ini, disambut hangat oleh Wakil Bupati (Wabup) Malang Sanusi sebagai tuan rumah. 

Dimana, Sanusi menyampaikan kepada Jokowi sebelum pembukaan bahwa terbangunnya jalan tol Mapan telah memangkas waktu tempuh kendaraan.

"Dengan adanya jalan tol Mapan, jarak Pandaan sampai Malang yang dulu ditempuh hampir 3 jam lebih bisa berkurang banyak. Kini, jarak Pandaan ke Malang atau sebaliknya bisa ditempuh satu jam," kata Sanusi, Senin (13/05/2019).

Sanusi melanjutkan, dengan diresmikannya jalan tol Mapan oleh Presiden Joko Widodo.

Pemerintah Kabupaten Malang tentunya sangat terbantu dengan penyelesaian tersebut.

Pasalnya, dengan penyelesaian jalan tol Mapan, akan semakin menguatkan berbagai proyek lainnya di wilayah Kabupaten Malang. 

Misinya, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Singosari, rencana bandara internasional Abdurrahman Saleh, sampai dengan pembangunan kawasan Bromo Tengger Semeru (BTS).

"Diresmikannya tol Mapan ini tentunya sangat membantu berbagai proyek besar di Kabupaten Malang," ujar Sanusi.

Selain itu, politikus PKB ini juga menyatakan telah menyampaikan rencana kelanjutan pembangunan jalan tol tembus Kepanjen.

"Rencana itu juga saya sampaikan kepada bapak presiden. Sehingga tol bisa sampai Kepanjen nantinya. Ini harapan besar kita dalam mendukung tiga program strategis Kabupaten Malang," imbuh Sanusi.

Jokowi dikesempatan yang sama, juga mengatakan terkait efek pembangunan jalan tol Mapan. 

Terkait efektifitas masyarakat saat menempuh jarak antara Pandaan menuju Malang atau sebaliknya.

"Ini yang tadi disampaikan bapak Bupati Malang kepada saya. Artinya, pembangunan jalan tol ini memang sangat bermanfaat," ujar Jokowi.

Walau belum secara tuntas terselesaikan, jalan tol Mapan memang sudah bisa dioperasikan.

Dimana, seperti diketahui, panjang jalan tol Mapan total 38,4 km. 

Sedangkan yang siap operasi sepanjang 30,6 km yaitu dari Pandaan-Singosari. 

Sedangkan untuk konstruksi Singosari-Malang sepanjang 7,8 km.

"Memang pembangunan jalan tol Mapan ini masih kurang atau tersisa sedikit sepanjang kurang lebih 7,5 km. Namun akan saya kejar terus, maksimal selesai akhir tahun, syukur-syukur selesainya malah bisa maju," ucap Jokowi.

Terkait harapan dari Wabup Malang Sanusi, terkait konektivitas jalan tol sampai Kepanjen, bahkan sampai Blitar. 

Jokowi juga menyampaikan, bahwa rencana tersebut diharapkan bisa terwujud.