Raymond Simon Antonius Kaya. (Foto: Imaddudin/Malangtimes)
Raymond Simon Antonius Kaya. (Foto: Imaddudin/Malangtimes)

MALANGTIMES - Media massa memiliki peran penting dalam menumbuhkan jiwa nasionalisme. Pasalnya, hampir setiap orang sekarang menggunakan media massa untuk mencari informasi terutama media sosial.

Menurut Raymond Simon Antonius Kaya, selaku kordinator liputan SCTV menekankan pentingya peran Media dalam memperkuat dan mepertahankan rasa nasionalisme di era global. Dunia yang sudah diibaratakan meja kini telah menyediakan semua informasi di atanya.

Akan tetapi terkadang sering kali masyatakat tidak sadar telah rasa nasionalisme berkurang karena itu. Banyaknya informasi yang didapat membuat individu terkadang lupa akan rasa nasionalismenya. Banyaknya budaya pop dari Korea misalnya, secara tidak sadar menurunkan rasa nasionalisme.

"Seperti masuknya drama Korea di mediamassa kita yang pada akhirnya mengurangi nilai-nilai budaya asli kita," jelas Raymond,Rabu (9/9/2015).

Raymond menambahkan pengaruh tersebut harusnya diimbangi dengan peran media lokal harus menumbuhkan rasa nasionalisme.bangsa. Media lokal harus mampu memyaingi tayangan dari luar dengan membuat inovasi untuk menumbuhkan rasa nasionalisme bangsa. (*)