PJU dan PJL Sudah 50 Persen Siap Terangi Pengendara di Kota Batu

MALANGTIMES - Persiapan mengantisipasi arus kendaraan saat libur Lebaran mendatang tidak hanya pada perbaikan jalan yang dilakukan Pemkot Batu. Namun, Pemkot Batu juga mengintensifkan pemeliharaan dan penggantian penerangan jalan umum (PJU) dan penerangan jalan lingkungan (PJL) di seluruh wilayah Kota Batu.

PJU dan PJL yang sudah tak layak pakai diganti dengan kapasitas daya (watt) yang lebih besar. "Saat ini ada yang kondisinya kurang baik memang sehingga perlu diganti yang baru," kata Kabid PJU dan PJL Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Batu Esty Dwiastuti.

Kapasitas PJU itu akan diganti dengan daya 120 watt. Dengan demikian, penentangan itu akan lebih terang untuk membuat nyaman pengendara yang melintasi jalan di Kota Batu. Dan masyarakat tak lagi menemui kendala penerangan jalan di malam hari.

Ia menambahkan kualitas itu dipilih menggunakan lapu jenis LED daripada mercuri. Alasannya, selain lebih terang, daya konsumsi listrik jauh lebih sedikit. Begitu juga penggunaan PJU solar cell yang rawan hilang serta biaya perawatannya yang mahal.

Hingga saat ini progres pemasangan PJU dan PJL di lapangan saat ini sudah mencapai 50 persen. "Targetnya paling lambat bulan Juni pemasangan PJU dan PJL sudah selesai. Dengan titik penerangan yang belum dipasang tersebar di seluruh wilayah di 3 kecamatan di Kota Batu,” ungkap Esty.

Menurut dia, adanya penambahan dan perbaikan ini dilakukan untuk pemerataan PJU dan PJL di beberapa wilayah Kota Batu, yang selama ini dianggap kurang maksimal. Penambahan dan perbaikan PJU dan PJL ada di 232 titik. Dan untuk merealisasikannya, pemkot menyediakan anggaran sebesar Rp 2,21 miliar.

Dari total penerangan tersebut, untuk Kecamatan Batu ada pemasangan PJU sebanyak 20 titik dan PJL di 80 titik. Kemudian di Kecamatan Bumiaji, PJU sejumlah 57 titik dan PJL 37 titik. Sedangkan di Kecamatan Junrejo, PJU 8 titik dan PJL 30 titik.

"Nantinya, fasilitas penerangan ini tidak hanya ada di jalan protokol. Tetapi juga merata di seluruh jalan-jalan Desa," imbuhnya.
 

Top