Jadwal PPDB 2019/2020. (Doc. MalangTIMES)

Jadwal PPDB 2019/2020. (Doc. MalangTIMES)



MALANGTIMES - Selain Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP jalur prestasi, PPDB jalur kepindahan orang tua juga dimulai hari ini, Senin (13/5). Untuk kepindahan orang tua ini, calon peserta didik harus menyerahkan surat penugasan orang tua (asli dan fotokopi) dari instansi, lembaga, kantor, atau perusahaan yang mempekerjakan dan keterangan domisili.

Berkas-berkas diserahkan ke Dinas Pendidikan Kota Malang dengan tenggat waktu mulai hari ini sampai 15 Mei mendatang pukul 08.00-14.00. Berkas-berkas itu nantinya akan diverifikasi oleh tim. Selanjutnya dikeluarkan surat keterangan untuk pendaftaran.

Disimak di diknas.malangkota.go.id, perpindahan tugas orang tua yakni yang semula orang tua bertugas di instansi, lembaga, perusahaan atau kesatuan di luar Kota Malang kemudian mendapatkan pemindahan tempat tugas di Kota Malang. Hal tersebut dapat mengikuti jalur mutasi profesi orang tua atau kepindahan orang tua ini dengan melampirkan surat tugas instansi, lembaga, perusahaan atau kesatuan orang tua yang bersangkutan.

Meskipun melalui jalur kepindahan orang tua, yang menjadi landasan adalah tempat tinggal, bukan alamat kantor/tempat berdinas orang tua.

Sementara itu, menjawab soal ketentuan jalur kepindahan orang tua yang hanya dikhususkan untuk peserta didik dari anak/keluarga PNS, TNI, dan Polri, Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Zubaidah menegaskan bahwa peserta didik dari anak/keluarga pekerja swasta pun bisa menggunakan jalur ini asalkan KK minimal sudah satu tahun.

"Kalau swasta itu yang tempat tinggalnya minimal KK-nya sudah 1 tahun. Kalau itu, swasta tetapi seperti BUMN, itu kan ada surat tugas," jelasnya.

Sama halnya dengan jalur prestasi, kuota di jalur kepindahan orang tua ialah sebesar 5 persen. Tetapi, ada kemungkinan kuota ini tidak terpenuhi. Kalau sudah begitu, sisanya akan otomatis masuk ke jalur prestasi. "Lima persen dari kepindahan orang tua apabila tidak terpenuhi, akan lari dipakai jalur prestasi," ucap Zubaidah.

Jadi, kuota jalur prestasi nantinya bisa saja bertambah apabila kuota kepindahan orang tua tidak terpenuhi. Hal ini juga ditegaskan oleh Wali Kota Malang Sutiaji.

"Seandainya perpindahan yang 5 persen tidak terpenuhi dari 300 kuota itu, itu diisi siapa? Kan ada 2 jalur. Satu jalur prestasi 5 persen. Satunya adalah jalur perpindahan. Ketika perpindahannya nanti tidak sampai 5 persen, nanti kuotanya masuk ke prestasi," bebernya saat ditemui di Dinas Pendidikan beberapa waktu yang lalu.

Untuk diketahui, pengumuman dan penyerahan surat penetapan hasil verifikasi dijadwalkan tanggal 20 Mei pukul 08.00-14.00 di aula Dinas Pendidikan.

Pendaftaran online/daring dijadwalkan 20-22 Mei pukul 08.00-14.00 di sekolah yang menjadi anggota zona. Pengumumannya sendiri dijadwalkan 23 Mei pukul 08.00-14.00 di ppdb.dispendik.id. Sedangkan jadwal daftar ulang yakni 27-28 Mei pukul 08.00-14.00 di sekolah masing-masing.

End of content

No more pages to load