MALANGTIMES - Kewaspadaan aparat kepolisian pascacoblosan terus ditingkatkan. Terbukti, puluhan personel gabungan dari seluruh unit Polres Malang, menggelar razia skala besar, Sabtu (11/5/2019) tengah malam. “Agenda kali ini diselenggarakan dalam rangka Pemeliharaan Keamanan Ketertiban Masyarakat (Harkamtibmas). Harapannya situasi pascapemilu tetap aman dan kondusif. Hal ini sesuai dengan arahan dari Polda Jatim (Jawa Timur),” kata Kabag Ops Polres Malang, Kompol Sunardi Riyono, Minggu (12/5/2019).

Anggota polisi yang akrab disapa Sunardi ini menambahkan, razia skala besar ini sasaran utamanya adalah seluruh instansi, yang terkait dengan penyelenggaraan pemilu. Mulai dari kantor dan gudang logistik KPU yang berada di Kecamatan Pakisaji. Hingga kantor Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu) Kabupaten Malang. Tidak luput dari pengamanan petugas korps berseragam coklat tersebut. “Penyisiran ini bertujuan untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, seperti misalnya perbedaan pendapat dan pandangan politik yang dikhawatirkan dapat berpengaruh pada situasi kamtibmas,” terang Sunardi.

Setelah melakukan apel persiapan, puluhan personel kepolisian melakukan penyisiran pertama di Gudang Logistik KPU. Tepatnya sekitar pukul 23.00 waktu setempat, rombongan tiba di lokasi dan langsung melakukan pengecekan serta arahan terhadap petugas yang melakukan penjagaan di lokasi tersebut.

“Hal ini penting dilakukan karena disana (Gudang Logistik), terdapat kotak suara yang terdapat plano rekapan hasil perhitungan suara. Lantaran penting dan bisa menjadi bukti kuat hasil pemilu, oleh karenanya indikasi perusakan maupun kecurangan perlu diantisipasi hingga proses penetapan hasil rekapitulasi berlangsung pada 22 Mei mendatang,” tegas Sunardi.

Dirasa cukup dan situasi dipastikan aman, rombongan bergeser ke lokasi penyisiran selanjutnya. Tepatnya sekitar pukul 23.30 waktu setempat. Rombongan tiba di kantor Bawaslu Kabupaten Malang, yang berlokasi di Kecamatan Kepanjen tersebut.

“Saat itu, kami melakukan pergantian personel untuk melakukan penjagaan. Tujuannya demi memastikan situasi tetap aman,” tutur perwira polisi dengan satu melati dibahu ini.

Terakhir, rombongan yang berjumlah sekitar 50 personel gabungan dari Mapolres Malang ini. Melakukan monitoring di kantor KPU Kabupaten Malang, yang berlokasi di Kecamatan Kepanjen.

Sama dengan di dua lokasi sebelumnya, petugas juga dikerahkan untuk melakukan pemeriksaan secara intensif, guna memastikan situasi tetap aman dan kondusif. “Selama agenda berlangsung, kondisinya berjalan lancar. Sementara tidak ada kendala yang berarti. Rencananya razia skala besar seperti ini, bakal intens dilakukan hingga proses pemilu serentak resmi berakhir,” pungkasnya.