Ilustrasi. (Foto: istimewa)
Ilustrasi. (Foto: istimewa)

MALANGTIMES - Santap sahur, biasanya langsung membuat kenyang. Namun, terkadang rasa kenyang itu tidak bertahan lama. Tiba-tiba saja perut terasa lapar lagi. Apa kira-kira penyebabnya? Abby Sauer seorang ilmuwan nutrisi mengatakan, banyak faktor dan rangsangan yang bisa masuk membuat merasa seperti lapar, padahal pada kenyataannya mungkin hanya bereaksi terhadap lingkungan atau perilaku sebelumnya yang dilakukan.

Berikut ini beberapa faktor yang mempengaruhi rasa lapar, antara lain:

1. Terlalu banyak makanan olahan

Ternyata makanan olahan dapat meningkatkan kadar gula darah dan kemudian menyebabkannya turun kemudian, membuat merasa lebih lapar dari sebelumnya. Caranya dengan mengganti makanan olahan dengan pilihan gandum, dapat membantu memuaskan rasa lapar tanpa membuat merasa lapar sekitar satu jam kemudian.

2. Minum kopi

Apakah kamu memulai hari dengan secangkir kopi? Ternyata ini bisa memicu rasa lapar. Minuman berkafein dapat menekan nafsu makan dalam jangka pendek untuk beberapa orang, menghasilkan perasaan lapar nantinya.

3. Kurang tidur

Kurang tidur bisa mengacaukan hormon seseorang yang mana bisa memicu rasa  lapar. Ghrelin merupakan hormon yang memicu nafsu makan dan leptin, hormon yang membantu merasa kenyang, adalah dua penyebab utama. Ketika hormon-hormon ini berfluktuasi, mereka dapat membuat merasa lapar. Atasi itu dengan cukup tidur setiap malam.

4. Dehidrasi

Jika kalian mengalami sedikit dehidrasi, tubuh bisa mengacaukannya dengan rasa lapar. Coba ingat, sahur tadi minum berapa gelas? Hipotalamus, bagian dari otak yang mengatur nafsu makan dan kehausan, dapat menjadi bingung ketika  tidak memiliki cukup air dan menipu kalian untuk berpikir membutuhkan makanan saja.