Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Hiburan, Budaya dan Seni

Serunya Ngabuburit Sambil Bermain Mercon Bumbung

Penulis : Irsya Richa - Editor : A Yahya

11 - May - 2019, 21:12

Murid MI Darul Ulum Kota Batu saat bermain mercon bumbung di Pesantren Rakyat Jalan Lahor, Dusun Macari, Desa Pesanggarahan, Kecamatan/Kota Batu sembari mengunggu berbuka puasa, Sabtu (11/5/2019). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Murid MI Darul Ulum Kota Batu saat bermain mercon bumbung di Pesantren Rakyat Jalan Lahor, Dusun Macari, Desa Pesanggarahan, Kecamatan/Kota Batu sembari mengunggu berbuka puasa, Sabtu (11/5/2019). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Waktu ngabuburit (jelang berbuka puasa) banyak dimanfaatkan masyarakat dengan beragam kegiatan. Salah satunya dengan membunyikan mercon bumbung. Tradisi lawas ini dilangsungkan di Pesantren Rakyat Jalan Lahor, Dusun Macari, Desa Pesanggarahan, Kecamatan/Kota Batu Sabtu (11/5/2019).

Pada kegiatan ini diikuti 120 siswa MI Darul Ulum. Mereka mengisi waktu ngabuburit dengan bermain petasan desa atau mercon bumbung. Tidak mengenal rasa takut, anak-anak itu memainkan permainan tradisional dengan riang gembira.

Baca Juga : Didi Kempot Gelar Konser Amal dari Rumah, Hanya 3 Jam Donasi Capai Rp 5,3 Milliar

Suara dentuman demi dentuman terdengar keras yang dikeluarkan dari bambu. Mercon memakai bambu sebagai bahan utama, kemudian disulut api. Mercon bumbung itu dibuat bersama-sama secara gotong royong bersama pengasuh mereka.

Bambu sepanjang 1-1,5 meter yang dilubangi bagian dalam. Kemudian ditambah satu lubang kecil berdiameter 2 centimeter sebagai pemantik api.

Cara memainkannya dengan memasukkan minyak gas atau dengan karbit ke dalam lubang. Kemudian disulut dengan api pada lubang pemantik.

Kepala MI Darul Ulum, Ulul Azmi mengatakan, diisinya kegiatan ngabuburit itu katena ingin mengenalkan kepada siswanya permainan tradisional. Sekaligus kembali mengangkat tradisi yang hampir punah. “Kami ingin kembali mengenalkan permainan tradisional. Lebih dari itu kami juga ingin mengenalkan sejarah mercon bumbung," kata Azmi.

Baca Juga : SBY Persembahkan 'Cahaya Dalam Kegelapan', Lagu Bagi Para Pejuang Covid-19

Dia menambahkan, kegiatan ngabuburit yang diikuti para siswanya itu sekaligus untuk menjaga tradisi. Dengan demikian tidak akan punah tergerus oleh perkembangan zaman. 


Topik

Hiburan, Budaya dan Seni berita-malang Waktu-ngabuburit membunyikan-mercon-bumbung Desa-Pesanggarahan Kota-Batu


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

A Yahya