Ilustrasi Upal (palangkaraya.go.id)

Ilustrasi Upal (palangkaraya.go.id)



MALANGTIMES - Maraknya peredaran uang palsu jelang lebaran memang harus diwaspadai.

Terlebih lagi saat ini, para pemalsu juga menggunakan teknologi percetakan yang semakin canggih. 

Apalagi, sekarang banyak video tutorial yang bisa didownload dengan mudah di Youtube.

Hal ini membuat pembuatan uang palsu semakin mudah dilakukan seseorang dan memanfaatkannya untuk kejahatan.

Meskipun video cara pembuatan uang palsu di youtube dimaksudkan sekadar memberikan pengetahuan, pihak kepolisian akan melakukan langkah-langkah antisipasi.

Kapolres Malang Kota AKBP Asfuri SIK, SH, MH, menjelaskan, langkah antisipasi yang dimaksud adalah melakukan patroli maupun pengecekan langsung di lokasi-lokasi penukaran uang.  

"Biasanya di pinggiran jalan kan banyak, kita kan lakukan pemantauan dan pengecekan di tempat-tempat penukaran uang. Jika nanti ditemukan ada uang palsu, maka akan langsung kita tindak dan proses secara hukum," bebernya.

Sementara, video-video tutorial yang ada di YouTube, untuk saat ini tim Cyber Polres Malang Kota mengakui belum memonitor mengenai hal tersebut. 

Namun polisi akan menelusuri keberadaan video tersebut.

Selanjutnya, dalam upaya pencegahan konten yang bisa berdampak negatif tersebut, tentu juga akan melihat dan mempertimbangkan UU ITE. 

Namun pihaknya sekali lagi mengimbau, agar masyarakat sendiri meningkatkan kewaspadaan dan ketelitian ketika melakukan transaksi jual beli maupun ketika melakukan penukaran uang.

"Tentunya dalam hal untuk penghapusan konten, akan koordinasi dengan jajaran terkait seperti Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo)," pungkasnya.

End of content

No more pages to load