Sambangi Masjid Noor Kidul Pasar, Sutiaji Jelaskan Soal Pembenahan Pasar Besar

May 10, 2019 23:49
Wali Kota Malang Sutiaji saat berbicara usai tarawih di Masjid Noor Kidul Pasar. (Foto: Imarotul Izzah/MalangTIMES)
Wali Kota Malang Sutiaji saat berbicara usai tarawih di Masjid Noor Kidul Pasar. (Foto: Imarotul Izzah/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Wali Kota Malang Sutiaji hari ini menjalankan salat tarawih di Masjid Noor Kidul Pasar di Jalan Prof Yamin Sukoharjo, Jumat (10/5). Dalam Safari Ramadan Pemkot Malang hari ketiga tersebut, Sutiaji juga menjelaskan mengenai persoalan pasar besar.

Sutiaji menjelaskan tidak kunjung dilakukannya pembenahan di pasar besar. Pertama, pasar besar masih ada Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Matahari. Selain itu, terdapat kajian akademis dari Fakultas Teknik Universitas Brawijaya bahwa bangunan tidak kuat menahan beban jika dilakukan pembenahan.

Baca Juga : Menag Minta Tarawih Dilakukan di Rumah, Salat Id Ditiadakan, dan Halal Bihalal Online

"Ada kajian akademiknya kalau dibangun tidak akan kuat. Selain itu sebelumnya juga sudah terjadi kebakaran di 3 titik yang berbeda," jelasnya.

Nah, ketika akademisi sudah menyarankan tapi Pemkot tetap lanjut maka akan menjadi persoalan hukum. "Apakah Pemkot tidak punya uang? Ada, tapi kalau tidak benar akan jadi urusan dengan penegak hukum," tandasnya.

Mengenai pasar-pasar di Malang sendiri Sutiaji menyatakan bahwa Pemkot akan terus melakukan pembenahan. Pria berkacamata itu menyebutkan bahwa APBD sudah menyiapkan anggaran untuk membenahi pasar. Bagaimana masyarakat dikembalikan ke pasar dengan kondisi yang lebih baik. "Akan kami lakukan terus perbaikan pasar. Saat ini yang sudah dikaji untuk diperbaiki adalah Pasar Gadang dan Blimbing," ungkapnya.

Baca Juga : Bertepatan dengan Nisfu Sya'ban, Gubernur Khofifah Bersama Ulama Gelar Istighosah Qubro Online

Dalam kesempatan yang sama Sutiaji juga sempat bercerita soal wilayah Kidul Pasar. Sutiaji menyebutkan warga Kidul Pasar ini penghasilannya paling banyak dari pasar. Untuk itu ia termasuk salah satu orang yang melarang pembongkaran pasar di wilayah sana. "Saya ingat ketika sowan Bu Nyai Kirom bahwa pasar itu jangan dibongkar. Khawatir orang akan tergusur dan tidak dapat penghasilan dari pasar," ucapnya. 

Topik
MalangBerita MalangWali Kota MalangSutiajiMasjid Noor KidulPembenahan Pasar BesarSafari Ramadan Pemkot Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru