Ilustrasi saat seorang mengantuk di tempat kerja, (Foto: Istimewa)
Ilustrasi saat seorang mengantuk di tempat kerja, (Foto: Istimewa)

MALANGTIMES - Ramadan sudah hampir sepekan. Anda yang berpuasa sepertinya harus mulai beradaptasi dengan kondisi tubuh, terutama yang kerap beraktivitas di luar rumah.

Bagaimana tidak, saat puasa, kendala yang kerap menyerang di siang hari adalah mengantuk di sela-sela aktivitas. Rasa kantuk ini disebabkan adanya penurunan kadar gula darah yang membuat sistem otak menjadi kurang berkonsentrasi. 

Penyebab lainnya adalah siklus waktu tidur yang berubah. Di saat puasa, Anda akan bangun lebih pagi waktu dini hari untuk melakukan santap sahur. Bahkan biasanya kebanyakan orang tidak tidur lagi hingga memulai aktivitas.

Menurut penelitian dalam Journal of Sleep Research, hal ini akan mengurangi durasi tahap tidur pulas atau REM (rapid eye movement). Sehingga, keesokan harinya kita pun jadi mengantuk. Selain itu, saat puasa tubuh tidak mendapatkan asupan makanan atau minuman selama berjam-jam sehingga menjadikan tubuh terasa lebih lemas dan mengantuk.

Tak ingin produktivitas kerja terganggu karena mengantuk? Tips mengatasi rasa ngantuk ini bisa diterapkan loh! Berikut lima cara mengusir rasa ngantuk saat sedang berpuasa.

1. Cobalah Keluar Ruangan Sejenak dengan Mencari Suasana Berbeda

Kondisi tubuh saat berpuasa sambil bekerja memang akan cepat membuat tubuh kehilangan energi dan membuat mata lelah sehingga membuat rasa kantuk menyerang. Karena itu, cobalah mencari suasana sejenak dengan keluar ruangan.

Aktivitas ini bisa dilakukan saat jam istirahat. Misalnya dengan terpapar sinar matahari dan melihat ke area pemandangan yang hijau. Dengan begitu, mata akan semakin rileks dan rasa kantuk akan teratasi.

2. Jalan Kaki Sekitar 10 Menit

Gerakkan tubuh dengan aktivitas fisik ringan seperti jalan-jalan di sekitar area kantor selama sekitar 10 menit saja. Hal ini disinyalir dapat memperlancar aliran darah dan meningkatkan asupan oksigen ke dalam tubuh. Rasa kantuk  bisa ditepis karena salah satu penyebabnya bisa jadi karena otak kita kekurangan pasokan oksigen.

3. Cuci Muka

Basuhlah muka dengan air dingin saat rasa kantuk menyerang. Air yang dingin akan membuat wajah semakin segar dan rileks. Tubuh yang rileks akan membawa kantuk menghilang.

4. Lakukan Meditasi Selama 5 Menit Saja

Meditasi dapat membuat tubuh Anda lebih rileks dan segar juga lho. Anda bisa melakukan meditasi sederhana selama 5 menit saja dengan beberapa latihan pernapasan yang efeknya nanti tubuh akan terasa lebih segar. Kemudian bisa juga mendengarkan musik-musik santai sehingga membuat Anda  lebih termotivasi.

5. Mengobrol dan Tertawa

Luangkan waktu beberapa menit untuk mengobrol dan bersenda gurau dengan rekan kerja. Mengobrol akan meningkatkan kewaspadaan serta kemampuan berkonsentrasi dalam diri kita. Pengalihan perhatian melalui obrolan dan tawa bisa mengurangi rasa kantuk tersebut.

Pilihlah salah satu tips di atas untuk dipraktikkan saat rasa kantuk menyerang di siang hari ketika berpuasa. Tentunya selalu memperhatikan situasi dan kondisi di sekitar  ya. Jangan sampai, puasa menurunkan semangat untuk beraktivitas dan beribadah.