MALANGTIMES - Safari Ramadan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang hari kelima digelar di Masjid Al Falah, Jalan Raya Gadang, Kamis (9/5/2019). Pada safari ini, Wali Kota Malang Drs. Sutiaji membeber kualitas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dibawah pimpinannya kepada warga yang berjubel usai salat tarawih. 

Sutiaji hadir dalam safari ramadan hari kelima beserta istri, anak dan juga Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se-Kota Malang. 

Dalam ceramahnya, Sutiaji meminta bantuan kepada masyarakat agar selalu ikut turut serta dalam percepatan kualitas Kota Malang mulai dari pelayanan baik mulai dari Kelurahan, Kecamatan hingga tingkat kota. 

"Saya harap masyarakat semua ikut membantu. Jika ada OPD atau staf dari mulai kelurahan hingga tingkat kota yang dalam mengurus sesuatu itu dirasa lambat atau tidak sesuai waktu, segera laporkan kepada kami. Karena kami (Sutiaji-Edi) memiliki tanggung jawab atas kinerja para OPD," tegas Sutiaji. 

Sutiaji mencontohkan dalam hal pengurusan Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Keluarga (KK) yang saat ini seharusnya bisa cepat dalam memproses. 

"Semua sudah ada sistemnya, jadi bapak ibu sekalian jika mengurus sesuatu harus sesuai sistemnya dulu baru dilihat prosesnya bagaimana. Karena saat ini kami ingin progres ke depan agar Kota Malang menjadi smart city," katanya. 

Menurut Sutiaji, semua program yang sudah disusun bersama itu adalah turunan dari Presiden, Gubernur dan turun ke Wali Kota. Sehingga ia mengatakan bahwa semua konsep yang ada kemudian diterjemahkan ke program nasional. 

Ke depan seiring dengan menuju kota 'Smart City', Sutiaji ingin mengerahkan stafnya untuk turun langsung agar mengetahui apa kendala yang dihadapi dalam setiap waktu. Jadi ada komunikasi efektif yang dilakukan. 

"Insya Allah kami akan kerahkan staf kami dan akan melakukan gerakan Jumat keliling ke masjid-masjid. Supaya kami tahu keluhan dari masyarakat walaupun melalui beberapa sudah melalui website dan sudah bisa jalan dengan baik," ungkapnya.