Siswa-siswa saat melaksanakan UNBK di SMPN 1 Batu, Selasa (23/4/2019). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

Siswa-siswa saat melaksanakan UNBK di SMPN 1 Batu, Selasa (23/4/2019). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)


Editor

A Yahya


MALANGTIMES - Penilaian saat ini bukan menjadi tolak ukur bagi siswa yang akan masuk dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SMP/MTS. Melainkan melalui seleksi wilayah terdekat dari sekolah.

Yakni sistem zonasi, berdasarkan desa dan kelurahan terdekat dari sekolah. Sesuai dengan Peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 51 tahun 2018 tentang PPDB.

Lalu di mana saja nantinya pelaksanaannya PPDB sistem online? Yakni di SMPN  di Kelurahan Sisir Kecamatan Batu, SMPN 2 di Kelurahan Sisir Kecamatan Batu, SMPN 3 di Desa Beji Kecamatan Junrejo, dan SMPN 4 di DesaTulungrejo, dan SMPN 6

“Di Kota Batu ada 6 SMP. Sehingga untuk yang  SMPN 5 masih belum bisa menggunakan akses internet,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu, Eny Rachyuningsih kepada batutimes.com.

Zonasi ini disesuaikan berdasarkan rumah terdekat siswa dari sekolah. Misalnya untuk SMPN 1 hanya menerima siswa yang rumahnya dekat dengan SMPN 1 saja yaitu di Kelurahan Sisir.

Calon siswa SMP negeri ini diberi tiga pilihan jalur, yakni melalui jalur zonasi, jalur prestasi, dan jalur perpindahan orang tua. Rincian 90 persen jalur zonasi, 5 persen prestasi, dan sisanya luar daerah. “Jadi kepada wali murid agar tidak resah atau takut, anaknya tidak kebagian sekolah negeri. Karena pendaftaran online yang dilakukan di sekolah, nanti bakal didampingi oleh petugas,” ucapnya.

"Sehingga ketika memilih sekolah yang dirasa jauh dari rumah, akan diarahkan ke sekolah yang terdekat," imbuh Eny.

Ia menambahkan saat ini pihaknya masih merapatkan bersama kepala sekolah SMP khususnya terkait PPDB Online nanti. Rencananya akan digelar pada pertengah bulan Mei ini. "Karena sesuai peraturan harusnya di bulan Mei ini. Sehingga kami kita targetkan pertengahan bulan ini,” imbuhnya. 

Rencananya pengumuman itu bakal diumumkan pada 15 Mei mendatang. Saat pengumuman pelaksanaan nanti semua wali murid diberi arahan. “Supaya  saat pendaftaran bisa mendaftarkan anaknya sesuai wilayah masing-masing,” tutupnya.

End of content

No more pages to load