Bawang putih yang dijual di unit sayur Pasar Besar Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

Bawang putih yang dijual di unit sayur Pasar Besar Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)



MALANGTIMES - Harga bawang putih selama beberapa pekan mengalami kenaikan yang  tinggi. Di Kota Batu harga bawang putih itu mencapai Rp 50 ribu per kilogram.  Untungnya, setelah adanya impor, harga bawang putih kini terpantau normal.

Sebelumnya, kenaikan harga itu terjadi cukup tinggi di antara bahan pokok lainnya karena pasokan dari petani kosong. Akibarnya, di tingkat pedagang, bawang putih mengalami kekosongan.

“Harga bawang putih itu tinggi karena memang di tingkat edagang di pasar ini sudah tidak ada. Sudah kehabisan stok. Jadi, harganya cukup tinggi,” kata Kasat Resktim Polres Batu AKP Anton Widodo usai inspeksi mendadak di Pasar Besar Kota Batu.

Untungnya harga tersebut kembali normal di kisaran Rp 35 ribu per kilogram. Harga tersebut bisa turun usai dilakukannya impor bawang putih.

“Harganya sudah mulai normal pada Rabu (8/5/2019) kemarin. Setelah adanya impor dan sudah masuk ke Kota Batu,” imbuhnya, Kamis (9/5/2019). 

Anton menambahkan impor bawang putih itu sekitar 78 ton. Pasokan itu dirasa cukup hingga Lebaran mendatang. Dengan pasokan aman ini, dimungkinkan tidak ada kenaikan lagi.

End of content

No more pages to load