Meski Puasa, Semangat Satgas DPUPR Kota Malang Lakukan Normalisasi Saluran Drainase Tidak Pernah Surut

May 08, 2019 19:45
Para petugas Satgas DPUPR yang tetap semangat melakukan normalisasi meksipun berpuasa (DPUPR)
Para petugas Satgas DPUPR yang tetap semangat melakukan normalisasi meksipun berpuasa (DPUPR)

MALANGTIMES - Bulan Suci Ramadhan,  menuntut setiap muslim untuk berpuasa menahan lapar maupun haus dimulai dari terbitnya fajar hingga hilangnya siang dengan datangnya malam, atau dengan kata lain hilangnya bundaran matahari di ufuk.

Namun meskipun dalam kondisi berpuasa, nampaknya hal tersebut bukan menjadi halangan atau hambatan bagi Satgas Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Malang untuk tetap melakukan tugasnya.

Baca Juga : Hari Ini, Pemkot Malang Luncurkan Bansos Tahap Awal bagi Warga Terdampak Covid-19

Semangat Satgas DPUPR, malah tak pernah surut meskipun dalam kondisi bisa dibilang stamina yang tak 100 persen dibanding hari biasanya. Akan tetapi, setiap harinya, mereka tetap melakukan tugasnya, yakni melakukan normalisasi saluran air diseluruh kawasan Kota Malang.

"Saat ini, dengan adanya moment puasa, memang ada pemotongan atau mengurangi jam kerja, namun hal tersebut bukan berati tugas satgas berkurang, kami tetap bertugas setiap harinya. Pengurangan jam kerja itu hanya untuk menyesuaikan keseimbangan fisik agar tetap fit," jelas  Hari Widodo, Koordinator Satgas DPUPR Kota Malang (8/5/2019).

Berpanas-panasan, menggali gorong-gorong, masuk gorong-gorong hingga mengangkati sampah-sampah ke atas gorong-gorong, rutin dilakukan para Satgas DPUPR Kota Malang. Namun sekali lagi, semangat atau tenaga mereka seakan tak akan pernah habis dan masih terlihat segar untuk terus melakukan normalisasi.

"Satgas tetap semangat. Biarpun banyak personil yang puasa. Kami tetap melakukan tugas sekuat tenaga dan semaksimal mungkin," jelas Benk-Benk begitu koordinator Satgas DPUPR itu akrab disapa.

Baca Juga : Bantuan Pangan Non Tunai di Kota Batu Sudah Cair, Berikut Jadwal dan Lokasi Tokonya

Lanjutnya, pihaknya bersama personil Satgas lainnya, rutin berkeliling memonitor serta melakukan normalisasi salauran-saluran air yang mengalami masalah seperti, penyumbatan karena sampah, pendangkalan saluran karena adanya sendimen pasir atau lumpur.

"Kegiatan-kegiatan yang berat tersebut, tetap kami lakukan. Semua demi kenyamanan bersama, demi kepentingan masyarakat. Sehingga tidak lagi terjadi genangan air, banjir karena saluran yang tersumbat atau karena pendangkalan saluran. Disini kami juga menghimbau agar masyarakat menjaga lingkungan, tidak membuang sampah pada sungai atau saluran air," pungkasnya.

Topik
MalangBerita Malangpuasa RamadanSatgas DPUPR Kota MalangNormalisasi Saluransaluran drainase
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru