Suasana saat pendaftaran bacaleg PKB di Pemilu 2019 lalu. Dimana PKB ternyata meraih 12 kursi parlemen dan bersiap usung calon bupatinya sendiri (Nana)

Suasana saat pendaftaran bacaleg PKB di Pemilu 2019 lalu. Dimana PKB ternyata meraih 12 kursi parlemen dan bersiap usung calon bupatinya sendiri (Nana)



MALANGTIMES - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Malang telah dipastikan mendapatkan 12 kursi di Pemilu 2019 ini. Perolehan tersebut membuat PKB telah mulai berpikir ke depan, yaitu terkait Pilihan Bupati dan Wakil Bupati Malang 2021 mendatang.

PKB telah berancang-ancang mengusung Sanusi Wakil Bupati (Wabup) Malang menjadi calon Bupati Malang 2021-2026.

Hal ini disampaikan secara langsung oleh salah satu politisi PKB, Miskari. Dirinya mengatakan PKB optimis untuk mengusung Sanusi sebagai calon Bupati Malang di tahun 2021 datang. "Dengan perolehan kursi PKB sebanyak 12 di tahun ini, tentunya kita optimis mengusung calon sendiri untuk Pilkada 2021. Pilihan PKB ya tentunya Pak Sanusi," kata Miskari yang pernah menjabat Wakil Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Malang ini.

Dukungan PKB untuk kembali mengusung Sanusi di Pilkada 2021 datang sebagai calon bupati yang saat ini terus dilakukan proses konsolidasi di internal partai. "Kita sedang terus melakukan soliditas di tubuh PKB sendiri. Jadi belum bicara keluar terkait hal ini. Jadi kita tidak ingin berandai-andai dulu ke luar," ujar Miskari.

"Yang utama calon bupati dari PKB adalah pak Sanusi nantinya," tegasnya.

Raihan kursi PKB sebanyak 12 memang membuat kekuatan PKB di legislatif akan semakin kuat. Bahkan berimbang dengan kekuatan PDI-Perjuangan. Sehingga dengan mesin partai yang memiliki kekuatan tersebut, PKB sudah optimis menatap pertarungan Pilkada 2021 datang.

Kekuatan PKB yang membukukan 13 kursi di 7 dapil terlihat dominan di dapil 1. Yakni yang meliputi Gondanglegi, Kepanjen, Bululawang dan Pagelaran. Selain itu dapil 3 juga menjadi lumbung suara PKB yang akhirnya mengantarkannya sederajat dengan PDI-Perjuangan. 

Total perolehan suara PKB di Kabupaten Malang, menurut Miskari, adalah sebanyak 289.502 suara. Tepat di bawah pemuncak suara PDI-Perjuangan.

Sementara di kesempatan berbeda, Sanusi yang digadangkan menjadi calon Bupati Malang dari PKB di tahun 2021 datang, belum memberikan pernyataannya. Dirinya, hanya mengatakan, bahwa saat ini sampai jabatan habis di tahun 2020 akan fokus menyelesaikan berbagai target di dalam RPJMD Kabupaten Malang.

"Fokus dulu selesaikan tugas sampai 2020 datang. Itu nanti saja," ucapnya singkat.

End of content

No more pages to load