Ilustrasi perolehan kursi legislatif Kabupaten Malang (Ist)

Ilustrasi perolehan kursi legislatif Kabupaten Malang (Ist)



MALANGTIMES - Rekapitulasi surat suara Kabupaten Malang berakhir sudah pada Senin (06/05/2019) dini hari. Dimana KPU Kabupaten Malang secara cepat juga melakukan pengantaran hasil rekapitulasi tersebut ke Surabaya dalam upaya rekapitulasi di tingkat KPU Provinsi Jawa Timur (Jatim).

Terselesaikannya rekapitulasi suara Pemilu 2019, ternyata hasilnya tidak jauh berbeda dengan perhitungan internal yang dikumpulkan partai politik. Khususnya terkait perolehan kursi legislatif 2019-2024.

Dari pantauan hasil rekapitulasi form DB1 atau berita acara rekapitulasi tingkat kabupaten oleh KPU, hasil suara di Pemilu 2019 memang terbilang tidak jauh berbeda dengan tahun 2014 lalu. Walaupun ada beberapa kejutan baru, terutama yang datang dari Partai NasDem.

Partai NasDem secara meyakinkan meraih 7 kursi dari 7 dapil di Kabupaten Malang, seperti yang sempat juga didegungkan sejak pertama kali tahap pencalonan legislatif di tahun 2018 lalu.

Perolehan NasDem tersebut menjadi cukup mengejutkan, karena di tahun 2014 lalu hanya mampu mengantongi 4 kursi. Artinya ada penambahan 3 kursi di Pemilu 2019 ini. 
Berbanding terbalik dengan Partai Golkar yang di tahun 2014 lalu mengamankan 12 kursi. Di tahun 2019 ini partai berlambang beringin ini harus rela melepaskan 4 kursinya. Dimana Partai Golkar hanya mampu mengumpulkan 8 kursi saja.

Prediksi penurunan kursi Golkar sebenarnya sudah ditebak sejak terjadi loncatan Rendra Kresna dari Golkar ke NasDem. Perpindahan tokoh gaek Golkar di Kabupaten Malang ini juga akhirnya yang menyeret kader-kader terbaiknya pindah kendaraan juga. Misalnya, Ahmad Andi yang mendapat satu kursi di Dapil 4 melalui NasDem. 

Sedangkan parpol yang mengalami penurunan kursi juga menimpa pada partai pemenang Pemilu 2019 yaitu PDI-Perjuangan. Dimana partai banteng moncong putih ini harus rela melepas 1 kursinya. Dari 13 kursi di tahun 2014 hanya meraih 12 kursi di Pemilu 2019.

Perolehan PDI-Perjuangan ini disamakan dengan geliat PKB yang mendapat kursi 12 di tahun 2019 ini. PKB terbilang sukses menambah kursinya di legislatif, yaitu 4 kursi dibandingkan tahun 2014 lalu. Hal ini ditegaskan ulang oleh tim kemenangan PKB Muslimin, yang menyatakan yakin jumlah perolehan kursi di DPRD Kabupaten Malang pada pemilu kali ini adalah 12 kursi.

"Dipastikan 12 kursi tahun ini. Jadi ada peningkatan 4 kursi legislatif dibanding tahun lalu," ujar Muslimin yang juga menegaskan terkait adanya pertanyaan PKB yang akan duduk di kursi pimpinan dewan, bahwa pihaknya belum berpikir ke arah sana. 

Partai Gerindra yang memiliki ekspektasi tinggi di Pemilu 2019 ini juga harus rela menerima kenyataan. Dimana perolehan kursi Gerindra tidak ada perubahan dengan tahun 2014 lalu. Dimana, di Pemilu 2019 ini pun Gerindra hanya bisa meraih 7 kursi saja. Nasib Gerindra tidak jauh berbeda dengan Partai Demokrat yang raihan kursinya sama dengan tahun 2014 lalu. Yaitu meraih 3 kursi untuk tahun 2019-2024 datang.

Pun dengan raihan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan partai Hanura (Hati Nurani Rakyat) yang tidak beranjak mengunci perolehan suara yang sama di tahun 2014. Dimana PPP meraih 2 kursi sedangkan Hanura bertahan di 1 kursi.

End of content

No more pages to load